Advertorial

Viral Konten Uang di Rekening Hilang Akibat Bansos Pemilu, BRI Pastikan Hoaks

Kompas.com - 24/04/2024, 17:04 WIB

KOMPAS.com – Baru-baru ini, viral unggahan video yang menyatakan bahwa ia kehilangan uang yang disimpan di rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Video berjudul “Tarik Uang Anda Sekarang, Himbauan Untuk Seluruh Pengguna Bank BRI” itu diunggah oleh akun Instagram dan TikTok @rama_news dengan sumber konten TikTok @widia_pengamatpolitik.

Unggahan tersebut menarasikan bahwa kehilangan uang yang dialami nasabah BRI merupakan efek oknum pemerintah semasa Pemilihan Umum (Pemilu) yang dinilai menghabiskan biaya besar akibat alokasi bantuan sosial (bansos). Menurutnya, bansos yang dibagikan semasa Pemilu oleh pihak-pihak tersebut hingga mengakibatkan kerugian nasabah BRI telah merusak demokrasi.

Menanggapi hal itu, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar dan tidak berdasar.

Konten itu pun sudah dinyatakan hoaks oleh komunitas antihoaks Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo).

“Atas beredarnya konten yang secara sengaja diviralkan dan telah memperoleh jutaan views tersebut, BRI akan mengambil tindakan tegas dan mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak terkait,” jelas Agustya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Menurutnya, konten tersebut berisi informasi menyesatkan, merusak citra BRI, dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

Dia juga mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan media sosial secara positif dan tidak mudah termakan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Agustya menegaskan, dalam menjalankan operasionalnya, BRI berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai good corporate governance (GCG) dan prudential banking.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com