Advertorial

Mudik Lebaran 2024 Berjalan Lancar, Astra Infra Apresiasi Pemudik dan Stakeholders

Kompas.com - 25/04/2024, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman turut memicu peningkatan mobilitas pada periode Lebaran 2024.

Sebagai penyedia pelayanan infrastruktur publik, khususnya jalan tol, Astra Infra senantiasa berkomitmen mendukung pemerintah dalam menyukseskan momen penting tersebut.

Berkat upaya dari berbagai pihak pula, arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 secara umum berjalan dengan lancar.

Group Chief Executive Officer Astra Infra Firman Yosafat Siregar menyampaikan apresiasinya atas kerja sama seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam momen mudik Lebaran 2024, termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri).

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders serta berbagai pihak lain yang telah menjalin sinergi dan koordinasi sehingga penyelenggaraan layanan arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Firman dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Astra Infra, sambungnya, akan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan pelayanan infrastruktur berkelanjutan yang aman dan nyaman untuk masyarakat.

Ilustrasi mudik Lebaran.Dok. Astra Infra Ilustrasi mudik Lebaran.

Selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, sekitar 6,6 juta kendaraan telah menggunakan jalan tol Astra Infra di Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. Volume lalu lintas pada periode ini meningkat 0,1 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri, terjadi penurunan tingkat kecelakaan dan fatalitas pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Di ketiga ruas tol Astra Infra, tercatat penurunan jumlah kecelakaan sebesar 46 persen dan penurunan fatalitas sebesar 50 persen.

Di ruas Tol Tangerang–Merak, terjadi penurunan jumlah kecelakaan sebesar 92 persen dengan tingkat fatalitas mencapai nol persen (zero fatality) dibanding dengan tahun sebelumnya. Sementara di ruas Tol Cikopo–Palimanan, penurunan jumlah fatalitas sebesar 30 persen.

Kemudian, di ruas Tol Jombang–Mojokerto, penurunan jumlah kecelakaan sebesar 64 persen dan tingkat fatalitas mencapai nol persen.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan yang telah memanfaatkan ruas tol Astra Infra pada perjalanan mudik 2024. Kami akan terus berusaha melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelaksanaan mudik Lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar.

Sebagai bentuk apresiasi, Astra Infra memberikan diskon tarif tol selama periode Lebaran 2024 di ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Jombang-Mojokerto.

Adapun diskon yang diberikan sebesar 20 persen yang berlaku sejak 3–5 April 2024 untuk arus mudik dan 17–19 April 2024 untuk arus balik. Tercatat, sekitar 900.000 kendaraan memanfaatkan diskon tersebut.

Pada pelaksanaan mudik Lebaran 2024, Astra Infra telah menyiapkan infrastruktur jalan, sarana prasarana di rest area, dan pengaturan lalu lintas dengan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi dengan armada patroli, derek, rescue, hingga ambulans.

Tak hanya itu, Astra Infra juga berkoordinasi secara intensif dengan pihak terkait, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Melalui kampanye “Lebaran Penuh Makna”, Astra Infra turut memberikan pengalaman perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman. Kampanye ini pun sejalan dengan visi perusahaan dalam memajukan infrastruktur negara serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com