Advertorial

Catat, Berikut Perbedaan Gigi Palsu Lepasan Parsial dan Lengkap

Kompas.com - 26/04/2024, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Gigi palsu merupakan gigi tiruan yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Karena berbentuk prostetik, gigi palsu biasanya dibuat dalam bahan akrilik, valplast, logam, resin, atau plastik. Gigi palsu pun diproduksi secara khusus sesuai bentuk gusi, mulut, dan gigi asli pemakai.

Gigi palsu dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengisi celah yang menggantikan gigi yang hilang. Oleh sebab itu, gigi palsu lengkap digunakan oleh kelompok lanjut usia (lansia) dan orang dewasa.

Selain memperbaiki aktivitas mulut, seperti berbicara dan makan, gigi palsu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya.

Secara umum, gigi palsu hadir dalam dua jenis, yakni gigi palsu parsial dan lengkap. Gigi palsu parsial atau gigi palsu satuan adalah gigi yang bisa digunakan jika si pengguna kehilangan satu gigi ataupun lebih.

Gigi palsu parsial merupakan gigi pengganti yang melekat pada dasar plastik yang menyerupai gusi. Gigi palsu jenis ini mudah dipasang dan dilepaskan.

Gigi palsu hadir dalam dua jenis, yakni gigi palsu parsial dan lengkap. Dok. Polident Gigi palsu hadir dalam dua jenis, yakni gigi palsu parsial dan lengkap.

Sementara itu, gigi palsu lengkap adalah gigi palsu yang digunakan ketika semua gigi hilang. Gigi palsu ini lebih cepat dibuat ketimbang gigi palsu parsial. Namun, penggunaan gigi palsu ini memerlukan penyesuaian yang lebih lama di mulut. Pemasangannya pun membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan setelah gigi dicabut.

Saat digunakan pertama kali, gigi palsu lengkap dapat membuat pemakai merasa tidak nyaman. Pengguna juga bisa mengalami luka di mulut akibat gesekan bahan gigi palsu dengan dinding rongga mulut.

Namun, setelah beberapa minggu pemakaian, otot-otot di pipi dan lidah mulai beradaptasi dan pengguna dapat terbiasa menggunakannya.

Polident Adhesive dan Polident Cleanser dapat menjadi produk pilihan untuk perawatan gigi palsu. Dok. Polident Polident Adhesive dan Polident Cleanser dapat menjadi produk pilihan untuk perawatan gigi palsu.

Ketika sudah digunakan, pengguna gigi palsu pun harus mulai memperhatikan kualitas dan kebersihan gigi.

Untuk itu, pengguna bisa memilih produk perawatan gigi berkualitas, misalnya Polident. Polident hadir dalam dua jenis produk. Pertama, perekat Polident Adhesive yang dapat merekatkan gigi palsu dengan kuat hingga 12 jam. Produk ini juga dapat mencegah makanan agar tidak terselip di gigi dan gusi.

Kedua, Polident Cleanser yang dapat membersihkan gigi palsu menjadi lebih bersih dan segar. Penggunaan produk ini pun cukup mudah. Pengguna dapat mencampurkan air hangat dengan satu tablet Polident Cleanser untuk merendam gigi palsu selama 3-5 menit.

Kemudian, sikat gigi palsu yang bercampur dengan larutan menggunakan sikat yang lembut. Setelah selesai, bilas gigi palsu dengan air sebelum digunakan kembali.

Kedua produk Polident dapat dibeli secara praktis di e-commerce kesayangan. Klik tautan berikut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

PM-ID-POLD-24-00055

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com