Advertorial

Cara Cek KTP Dipakai Orang Lain untuk Daftar Kredit Online

Kompas.com - 26/04/2024, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Kemudahan mengajukan pinjaman secara daring atau dikenal kredit online memang menguntungkan masyarakat, apalagi bagi yang belum pernah merasakan pengalaman kredit.

Akan tetapi, kemudahan tersebut juga memicu modus kejahatan baru. Tidak hanya ancaman dari aplikasi kredit online ilegal saja, kini ada juga modus kartu tanda penduduk (KTP) milik pribadi yang disalahgunakan untuk mendaftar kredit online tanpa persetujuan pemilik.

Alhasil, pemilik KTP harus bertanggung jawab untuk membayar seluruh tagihan yang dibuat oleh oknum tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mengecek KTP Anda sudah dipakai orang lain untuk mendaftar kredit online atau tidak di website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni https://idebku.ojk.go.id. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilih "Pendaftaran"
  • Isi data yang diminta, seperti jenis debitur, jenis identitas, kewarganegaraan, nomor identitas, dan kode captcha
  • Pastikan semua informasi yang diisi akurat dan sesuai
  • Tekan "Selanjutnya" untuk melanjutkan pengisian formulir SLIK OJK
  • Unggah dokumen pendukung, seperti KTP dan foto diri
  • Tekan tombol "Ajukan Permohonan"
  • Tunggu nomor pendaftaran sampai dikirimkan
  • Cek status permohonan pada menu "Status Layanan" dengan cara memasukkan nomor pendaftaran yang telah diterima
  • OJK akan memproses permohonan iDeb
  • Informasi akan disampaikan melalui email dalam waktu paling lambat satu hari kerja setelah pendaftaran.

Rekomendasi kredit online tepercaya

Apabila KTP Anda tidak terdaftar pinjaman atau kredit online mana pun dan Anda berencana mengajukan pinjaman daring, lebih baik pilih yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK seperti Kredivo.

Selain sudah terdaftar dan diawasi OJK, Kredivo juga memiliki layanan kredit dengan bunga rendah, yaitu bunga 0 persen untuk tenor 1 dan 3 bulan. Anda juga bisa menikmati tenor yang lebih panjang, yaitu 6 dan 12 bulan, dengan bunga rendah 2,6 persen saja.

Anda bisa menggunakan Kredivo di ribuan merchant online dan offline, mulai dari Bukalapak, Lazada, Blibli, Tiket.com, iBox, Digimap, Erafone, IKEA, Alfamart, hingga Indomaret.

Selain kredit online, Anda juga bisa menikmati layanan pinjaman tunai di aplikasi Kredivo dengan bunga rendah, yakni hanya 2,6 persen per bulan untuk tenor 3 dan 6 bulan.

Tidak hanya itu, Kredivo juga #Sefleksibelitu karena bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, iuran BPJS Kesehatan, internet, hingga top up pulsa sekarang. Bayarnya nanti dengan bunga 0 persen saja.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati layanan dari Kredivo? Yuk, download aplikasinya di Apps Store atau Play Store yang ada di ponsel Anda! Lalu dapatkan kesempatan limit hingga Rp 50 juta dengan mendaftar sebagai akun Premium Kredivo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com