Advertorial

Dekatkan Diri dengan Konsumen, PT ADM Gelar Daihatsu Kumpul Sahabat di Bekasi

Kompas.com - 30/04/2024, 15:17 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Area Bundaran Tarian Langit, Harapan Indah, Bekasi, Minggu (28/4/2024).

Acara tersebut menampilkan berbagai aktivitas, mulai dari talk show, senam zumba bersama, community car show, bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), berbagai macam lomba, uji emisi gratis, cek kesehatan gratis, kompetisi band, pembagian doorprize, hingga penampilan grup musik Kotak pada puncak acara.

Marketing Director and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani mengatakan, Daihatsu Kumpul Sahabat memasuki tahun ke-9 sejak digelar perdana pada 2014. Selain Bekasi, acara ini juga akan diselenggarakan di enam kota lain sepanjang 2024, yakni Medan, Palembang, Bandung, Solo, Balikpapan, serta Makassar.

Agung menyebut, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi berkontribusi besar dalam penjualan mobil di Jawa Barat (Jabar). Bahkan, sebanyak 27 persen dari total penjualan mobil Daihatsu di Jabar berasal dari kedua wilayah tersebut dan menjadi persentase penjualan terbesar di Jabar ketimbang daerah lain.

“Penjualan Daihatsu di Kabupaten dan Kota Bekasi berada di atas 3.000 unit sehingga wilayah ini termasuk tier 1. Oleh karena itu, Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi menjadi salah satu bentuk komitmen kami kenapa hadir di bekasi,” kata Agung di Area Bundaran Tarian Langit, Minggu.

Agung melanjutkan bahwa Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi dihadiri sekitar 1.500 mobil Daihatsu, baik dari komunitas, pecinta mobil Daihatsu, pegiat dress up kendaraan Daihatsu, maupun masyarakat Bekasi.

Selain memperluas pasar produk di Daihatsu di Bekasi, acara itu juga membantu pertumbuhan ekonomi di daerah remote dan daerah berkembang

Sesuai motto Daihatsu, “Daihatsu Adalah Sahabat Kita Semua”, Agung berharap pihaknya dapat bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyelesaikan berbagai persoalan sekitar. Menurutnya, Daihatsu memiliki berbagai program corporate social responsibility (CSR), baik di Bekasi maupun Jabar.

“Kami memiliki sekolah menengah kejuruan (SMK) binaan dan posyandu binaan. Target berikutnya, kami ingin membina UMKM di Bekasi,” kata Agung.

Para peserta antusias mengikuti senam zumba pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.DOK. Daihatsu Para peserta antusias mengikuti senam zumba pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.

Pada kesempatan sama, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AIDSO) Tri Mulyono menjelaskan bahwa Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi menghadirkan cek emisi gratis untuk 50 pelanggan pertama yang mendaftar atau cek 21 item gratis saat melakukan registrasi after sales.

Selain itu, Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi juga menghadirkan berbagai macam industri kreatif dan food truck yang diikuti UMKM sekaligus pemilik mobil Daihatsu. Mobil ini menyuguhkan kuliner khas Nusantara.

“Selain itu, ADM juga menampilkan berbagai platform lain dari Astra pada Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi, seperti Astra Pay untuk pembayaran e-wallet dan Seva untuk perencanaan pembelian kendaraan,” kata Tri.

Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi, lanjut Tri, berupaya menghadirkan pengalaman menyeluruh untuk keluarga yang berkunjung. Misalnya, pengunjung yang membawa anak-anak dapat mengajak anaknya bermain di kids corner.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengajak keluarga wisata kuliner sembari menikmati kegiatan di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, Daihatsu ingin memberikan perhatian kepada konsumen dan masyarakat.

Seorang peserta antusias mengikuti games pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.DOK. Daihatsu Seorang peserta antusias mengikuti games pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.

Masyarakat yang berkunjung dapat melihat dan menanyakan informasi terkait mobil keluaran terbaru Daihatsu atau sekadar mengajak keluarga menikmati akhir pekan.

“Teman-teman wiraniaga ADM siap melayani calon konsumen yang sekadar ingin melihat-lihat atau menanyakan informasi mengenai produk Daihatsu,” tuturnya.

Berdayakan UMKM

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi Dra Rita Hartati yang datang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bekasi mengucapkan terima kasih kepada Daihatsu karena telah menggelar Daihatsu Kumpul Sahabat di Bekasi. Pasalnya, acara tersebut menyediakan ruang bagi UMKM di Bekasi untuk menjual produk kepada pengunjung.

Rita menyebut bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 350.000 UMKM di Bekasi. Namun, dari jumlah ini, baru 8.000 UMKM yang sudah mendaftarkan Surat Keterangan Binaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) bekasi.

“Oleh karena itu, Pemkot Bekasi akan terus meningkatkan jumlah tersebut. Inisiatif ini dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan berbagai unsur, baik di dalam maupun luar Pemkot Bekasi,” kata Rita.

Para peserta antusias mengikuti games pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.DOK. Daihatsu Para peserta antusias mengikuti games pada acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi.

Rita berharap, kerja sama Pemkot Bekasi dan ADM tidak berhenti sampai di sini. Menurutnya, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi memiliki program dana bergulir yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha.

Ke depan, kerja sama Pemkot Bekasi dan ADM dapat dikembangkan melalui memorandum of understanding (MoU) untuk mempererat kerja sama yang sudah terjalin.

“Semoga Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi bisa menjadi sarana silaturahmi warga Bekasi untuk melakukan aktivitas positif bermasyarakat sekaligus mendorong kualitas hidup dan perekonomian warga Bekasi,” tuturnya.

Sebagai informasi, Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 21.30 WIB. Acara ini menampilkan berbagai kompetisi dan lomba menarik, seperti Muat Banyak Challenge, Ganti Ban Challenge, Car Review Challenge, Band Competition, Community Car Show, Cosplay Community, dan Photograph Community.

Selain itu, terdapat juga pertunjukan musik dari Muda Mudi Berkaraoke, Ramawijaya, dan puncaknya adalah penampilan dari Kotak.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com