Advertorial

Pimpin Upacara Hardiknas 2024, Bupati Klaten: Merdeka Belajar Ubah Wajah Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 02/05/2024, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 tingkat Kabupaten Klaten di Alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (2/5/2024).

Bupati Klaten Sri Mulyani bertindak sebagai pembina upacara serta membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim.

Sri Mulyani mengatakan, pelaksanaan gerakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menghadapi sejumlah tantangan selama tahun terakhir.

Namun, gerakan tersebut bisa berjalan dengan baik berkat langkah serempak dan serentak dari para pemangku kepentingan. Dengan demikian, Merdeka Belajar mampu menjadi wajah baru pendidikan dan kebudayaan di Tanah Air.

“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Kemendikbud Ristek. Bukan hal mudah mentransformasikan sistem yang sangat besar. Bukan tugas sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” ujar Sri Mulyani dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/5/2024).

-Dok. Pemkab Klaten -

Dengan kerja sama seluruh pihak, lanjutnya, perubahan di dunia pendidikan kini mulai terasa.

“Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” kata Sri Mulyani.

Untuk diketahui, upacara Hardiknas 2024 dihadiri Wakil Bupati Klaten, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten, Asisten Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Klaten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Klaten, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani dan Wabup Klaten menyerahkan penghargaan kejuaraan lomba guru dan kepala sekolah berprestasi jenjang TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Klaten periode 2024.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com