Advertorial

Perkuat Komitmen Keberlanjutan, Cladtek Gelar Penanaman Mangrove dan Pembersihan di Batam

Kompas.com - 02/05/2024, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Cladtek merayakan Hari Bumi Dunia dengan meriah melalui Program Penanaman Mangrove dan Pembersihan Area dalam program corporate social responsibility (CSR) di Hutan Lindung Sei Beduk, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (30/4/2024).

Berkolaborasi dengan Akar Bhumi Indonesia, Cladek melaksanakan program CSR-nya itu dengan sukses dan menggugah kesadaran lingkungan.

Acara ini pun tidak hanya menjadi ajang pelestarian lingkungan, tetapi juga momen penting bagi Cladtek dalam memperkuat komitmen keberlanjutan.

Dalam sambutannya, Group SVP of People and Culture Cladtek, Iban Salda Safwan menekankan pentingnya aksi nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Ke depannya Cladtek akan terus berusaha untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek bisnisnya. Mulai dari pengurangan limbah hingga penggunaan energi terbarukan, dan terus berinovasi untuk mengurangi jejak karbon." ujarnya melalui siaran persnya, Rabu (1/5/2024).

Ia mengatakan, aksi CSR ini dihadiri oleh puluhan relawan, termasuk para karyawan Cladtek dan representatif dari JOB Pertamina–Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori). Mereka bergabung dalam upaya bersama menanam ribuan bibit mangrove dan membersihkan area dari sampah plastik.

“Kami bangga dapat melibatkan banyak pihak dalam perayaan Hari Bumi Dunia ini,” kata Iban Salda Safwan.

Para relawan dibagi menjadi tim-tim kecil yang bertanggung jawab atas berbagai tugas, mulai dari penanaman bibit mangrove, dan pengelolaan sampah.

Terlihat para relawan yang merupakan para karyawan Cladtek berfoto bersama menunjukkan benih mangrove yang mereka tanam dalam kegiatan Penanaman Mangrove dan Pembersihan Area di Hutan Lindung Sei Beduk, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (30/4/2024).DOK. Cladtek Terlihat para relawan yang merupakan para karyawan Cladtek berfoto bersama menunjukkan benih mangrove yang mereka tanam dalam kegiatan Penanaman Mangrove dan Pembersihan Area di Hutan Lindung Sei Beduk, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (30/4/2024).

Acara itu ditutup dengan sesi refleksi dan diskusi tentang tantangan lingkungan yang dihadapi saat ini serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Pada kenyataannya, acara tersebut tidak hanya menarik perhatian para relawan, tetapi juga masyarakat sekitar yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan.

Sementara itu, keterlibatan JOB Tomori dalam kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa hubungan antara bisnis dan lingkungan dapat berjalan selaras.

"Kami senang dapat berbagi momen berharga bersama Cladtek dalam merayakan Hari Bumi Dunia dengan tindakan nyata yang bermanfaat bagi keberlanjutan lingkungan," ujar Project Manager JOB Tomori, Ahmad Budiarjo.

Komitmen Cladtek dalam menjaga lingkungan tidak berhenti di sini. Program ini merupakan bagian dari serangkaian inisiatif yang akan terus dilakukan guna memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Perwakilan dari Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) Kota Batam Kesuma Wijaya yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Program Penanaman Mangrove dan Pembersihan Area ini merupakan bukti nyata keseriusan Cladtek dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Kami sangat mendukung langkah-langkah seperti ini yang tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam," kata dia.

Sebagai informasi, pelaksanaan acara ini turut dihadiri oleh para pejabat pemerintah termasuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kota Batam, Camat Sei Beduk, dan lain-lain.

Mereka hadir memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif kolaboratif antara sektor swasta dan publik dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com