Advertorial

Hardiknas 2024, Pj Gubernur Sulsel Beri Penghargaan kepada Pegiat Pedidikan

Kompas.com - 02/05/2024, 19:43 WIB

KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar, memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang dinilai berjasa di bidang pendidikan.

Penghargaan tersebut diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam gelaran upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (2/5/2024).

Selain Pj Gubernur, penghargaan turut diberikan oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel Andi Muhammad Arsjad dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Shofa Marwah Bahtiar.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tokoh eksternal pendidikan, sekolah dengan persentase kelulusan siswa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNBP 2024 per wilayah cabang Disdik Bidang SMA, serta sekolah dengan persentase lulusan yang terserap dalam dunia kerja 2023 per wilayah cabang Disdik Bidang SMK.

Pada kesempatan tersebut, Bahtiar menegaskan pentingnya membangun daerah dengan tiga inti utama dalam kehidupan manusia, yakni alam semesta, manusia, dan nilai dalam menjalankan kehidupan antara manusia dan alam semesta.

"Alam, manusia, dan nilai itu dikelola dengan menggunakan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, alam harus dipastikan keberlanjutannya. Kami mendorong pembangunan Sulsel 2024-2045 yang mandiri, serta maju berkelanjutan dalam sistem ekonomi hijau dan biru. Kami sudah mulai merasakan dampak alam yang tidak diurus secara berkelanjutan di Sulsel," ujar Bahtiar dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Bahtiar melanjutkan, akibat kerusakan alam, banjir dan longsor kini terjadi di mana-mana. Ia menilai, ilmu pengetahuan dan pendidikan punya peran krusial dalam upaya merawat alam.

-Dok. Pemprov Sulsel -


Dalam kesempatan sama, Bahtiar juga menyampaikan pentingnya mendidik manusia menjadi lebih produktif. Jika tidak, lanjut dia, akan terjadi ledakan penduduk pada 2045.

"Bahkan, 60 persen penduduk Sulsel di masa mendatang merupakan kelompok usia produktif. Pasti membutuhkan banyak lapangan kerja, makanan, dan kebutuhan lainnya," terangnya.

Melalui ilmu pengetahuan dan pendidikan, imbuh Bahtiar, seluruh pihak dapat berperan dalam mendidik generasi muda serta mempersiapkan sembilan juta penduduk di Sulsel mampu mengelola alam untuk meningkatkan kesejahteraan.

Ia pun mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. Ia juga menilai perjuangan untuk merdeka belajar saat ini sudah berjalan cukup baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com