Advertorial

BRI Raih Dua Penghargaan di Ajang BSEM MRI 2024

Kompas.com - 02/05/2024, 19:48 WIB

KOMPAS.com - Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah menuai apresiasi.

Teranyar, dua produk besutan BRI, yakni aplikasi BRImo dan layanan Sabrina mendapatkan penghargaan dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 yang diselenggarakan oleh lembaga riset Marketing Research Indonesia (MRI).

BRImo meraih peringkat pertama untuk kategori “Performa Terbaik Mobile Banking Bank”. Sementara, Sabrina mendapatkan peringkat pertama untuk kategori “Performa Terbaik Chatbot Bank”.

Survei hasil kerja sama MRI dengan Majalah Infobank itu menunjukkan peningkatan kinerja pada sejumlah aspek produk dan layanan BRI, khususnya dari sisi kanal digital.

Dari sisi mobile banking, secara keseluruhan skor BRI meningkat 2,65 poin dan naik 3 peringkat dari tahun lalu. Ini menjadikan BRImo sebagai mobile banking terbaik versi MRI pada 2024.

Sementara itu, layanan Sabrina mengalami peningkatan skor secara signifikan, yakni 16,28 poin dari tahun lalu sehingga berhasil menjadi pemuncak pada kategori layanan chatbot.

Saat ini, BRImo dapat mengakomodasi berbagai layanan keuangan kepada nasabah, mulai dari tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI.

Nasabah juga dapat berinvestasi dengan mudah lewat super app tersebut, mulai dari pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan deposito.

Layanan chatbot besutan BRI, SabrinaDok. BRI Layanan chatbot besutan BRI, Sabrina

Adapun layanan chatbot Sabrina kini telah dikembangkan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang lebih human-like untuk berinteraksi dengan nasabah layaknya manusia.

Nasabah dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor, ATM BRI, AgenBRILink, dan lokasi merchant BRI terdekat, serta mendapatkan informasi promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga membantu mengatasi kendala transaksi nasabah.

Selain itu, Sabrina telah menggunakan teknologi large language model (LLM) yang dapat meningkatkan pemahaman berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi. Dengan begitu, layanan ini mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan dengan berbagai bahasa daerah Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, dan Padang.

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa perseroan senantiasa berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan di masyarakat.

Pencapaian tersebut, lanjutnya, menjadi motivasi lebih bagi perseroan untuk terus memberikan layanan yang melebihi harapan nasabah.

“Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan, baik dari sisi walk-in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touchpoints”, tutur Andrijanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/5/2024).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com