Advertorial

Peluncuran Pilkada Klaten 2024 Dimeriahkan Guyon Waton

Kompas.com - 06/05/2024, 13:29 WIB

KOMPAS.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menggelar konser Guyon Waton untuk merayakan peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), staf ahli, asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, jajaran KPU Klaten, perwakilan KPU se-Solo Raya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pimpinan partai politik, dan masyarakat umum di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah, Minggu (5/5/2024).

Sebelum konser dimulai, Ketua KPU Klaten dan Forkopimda secara resmi membuka pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Klaten yang akan diselenggarakan pada Rabu (27/11/2024). Peresmian ini ditandai dengan menekan tombol dan menyebarkan konfeti.

Sekretaris Daerah Klaten Jajang Prihono mewakili Bupati Klaten mengucapkan apresiasi atas kesuksesan Pemilu serentak sebelumnya dan mengajak semua pihak untuk menjaga kekondusifan Pilkada mendatang.

“Saya meminta untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten dijaga keamanannya dan buat kondusif sehingga pelaksanaan tersebut bisa berjalan dengan baik,” ujar Jajang dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Ia menegaskan kepada partai politik, pasangan calon (paslon), dan tim sukses masing-masing paslon agar melakukan kampanye yang sehat.

Jajang juga menekankan untuk menjalankan Pilkada yang damai, jujur, berintegritas, serta menolak tindakan yang tidak terpuji.

Sementara itu, Ketua KPU Klaten Primus Supriono menyampaikan harapan untuk melahirkan pemimpin yang amanah, adil, dan bijaksana melalui Pilkada di Kabupaten Klaten.

“Agar harapan tersebut terwujud, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten harus terselenggara dengan aman, edukatif, dan penuh kegembiraan. Oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah, TNI, Polri, serta partisipasi aktif lapisan masyarakat,” ujar Primus.

Pemilihan tersebut, lanjut Primus, harus adil dan setara untuk kaum perempuan, disabilitas, kelompok minoritas, marjinal, lanjut usia, serta kelompok berkebutuhan khusus.

Acara di Alun-alun Klaten disemarakkan oleh partisipasi antusias masyarakat yang bersama-sama menikmati penampilan bintang tamu lokal dari Kabupaten Klaten dan Guyon Waton.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com