Advertorial

Dukung Ekonomi Dalam Negeri, Commercial Smart TV dan CreateBoard LG Raih TKDN

Kompas.com - 06/05/2024, 15:06 WIB

KOMPAS.com - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan pencapaian tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk dua kategori produk dari lini bisnis digital display.

Produk tersebut adalah Commercial Smart TV dan CreateBoard (papan tulis digital). Kedua produk ini dirancang untuk mendukung kebutuhan bisnis serta pendidikan.

Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia Agustian Yusetia mengatakan, pengumuman tersebut membawa dua arti penting.

Pertama, menunjukkan konsistensi LG dalam mengembangkan solusi untuk kebutuhan layar konsumen bisnis. Kedua, menegaskan komitmen kami dalam mendukung perekonomian dalam negeri melalui upaya melokalkan produk dengan kebijakan TKDN,” ujar Agustian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2024).

Untuk Commercial Smart TV, sebanyak empat produk berhasil mendapatkan nilai TKDN besar. Salah satunya adalah produk UR801C0SB yang hadir dalam tiga pilihan bentang layar. Produk dengan bentang layar 65 inci mendapat nilai TKDN 39,62 persen.

Sementara, produk bentang layar 75 inci memiliki nilai TKDN 36,64 persen dan bentang layar 86 inci sebesar 28,87 persen.

Sebagai informasi, LG Commercial Smart TV seri UR801C0SB hadir dengan tampilan modern dan desain bingkai tipis.

TV tersebut memiliki keunggulan empat kali resolusi full HD sehingga menawarkan kualitas gambar dengan kekayaan warna dan akurasi yang membuat tayangan lebih hidup dan mendekati obyek aslinya.

LG Commercial Smart TV seri UR801C0SB juga kerap disebut sebagai rajanya TV hotel karena memiliki fitur Hotel Mode.

Dengan mengaktifkan fitur itu, pengguna dari industri perhotelan dapat melakukan serangkaian pengaturan seragam untuk semua TV yang terhubung, meski ditempatkan di lokasi yang berbeda-beda.

Pengaturan tersebut pun mencakup pemilihan kanal siaran hingga aktivasi fitur hemat energi.

“Fitur Hotel Mode hadir untuk mempermudah efektivitas penyampaian informasi pada seluruh pengguna TV, walaupun ditempatkan di ruang berbeda. Keberadaan fitur ini dapat juga mencegah kemungkinan penyimpangan penggunaan karena pemilik dapat melakukan pengaturan batas atas kuat lantang suara hingga mengatur ulang TV sesuai pengaturan awalnya,” jelas Agustian.

Agustian menambahkan, UR801C0SB juga dilengkapi dengan platform LG ThinQ untuk mempermudah pengguna dalam mengakses berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet.

“Dalam LG ThinQ, terdapat LG Appstore yang menjadi rekomendasi berbagai aplikasi untuk mendukung dalam mengoptimalkan penggunaannya. Sebagai pelengkap, seri LG Commercial Smart TV terbaru ini juga didukung kompatibilitas agar bisa tersambung dengan USB camera. Kelengkapan ini memberinya peluang kenyamanan lebih tinggi untuk penggunaan pertemuan jarak jauh,” jelasnya.

Selain tipe UR801C0SB, ada juga tipe UR751C0SB dengan ukuran 55 inci yang mendapatkan nilai TKDN tertinggi, yakni 43,45 persen.

Dalam waktu dekat, LG juga akan mengumumkan nilai TKDN commercial smart tv seri UR751C0SB ukuran 50 inci.

LG CreateBoard (TR3DK), papan tulis interaktif untuk belajar dan pertemuan

Selain TV, LG juga mengumumkan nilai TKDN untuk dua produk LG CreateBoard yang diperkenalkan secara perdana pada September 2023.

Salah satu produk pada kategori LG CreateBoard yang mendapatkan nilai TKDN adalah 65TR3DK dengan bentang layar 65 inci. Produk ini memperoleh TKDN sebesar 37,31 persen.

Sementara pilihan pada bentang layar lebih besar, yaitu 86 inci dengan tipe 86TR3DK, mendapat nilai TKDN sebesar 36,78 persen.

“LG CreateBoard tersedia dalam empat pilihan bentang layar, yakni 55 inci 65 inci, 75 inci, dan 86 inci. Kami akan segera memberikan pengumuman menyusul untuk nilai TKDN bagi LG CreateBoard dalam pilihan bentang layar 55 inci dan 75 inci,” ujar Agustian.

LG CreateBoard.Dok. LG LG CreateBoard.

Agustian menambahkan, LG CreateBoard adalah solusi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan pertemuan daring yang lebih interaktif.

Meski sekilas tampak seperti papan tulis digital dengan layar LED pada ruang pertemuan dalam sebuah kantor ataupun fasilitas pendidikan, LG CreateBoard punya berbagai fitur inovatif lengkap di dalamnya.

Hal itu menegaskan kehadirannya sebagai papan tulis digital yang punya tingkat inovasi dan manfaat lebih tinggi ketimbang papan tulis digital lain.

LG CreateBoard dilengkapi dengan resolusi layar besar 4K UHD. Kekayaan warna hingga empat kali resolusi full HD ini membuat penggunanya dapat mempresentasikan berbagai jenis format berkas dalam kualitas warna dan akurasi lebih baik.

Berkat kelebihan itu, penggunaan alat tersebut juga semakin memudahkan pandangan peserta pertemuan dalam melihat berkas di layar.

Tak hanya itu, LG CreateBoard juga dibekali dengan kemampuan layar sentuh (touchscreen) yang punya kelebihan multi-touch hingga 40 titik pada saat bersamaan.

“Kemampuan respons sentuhan yang luas memungkinkan kolaborasi lebih baik untuk mengerjakan sebuah hal dalam layar yang sama. Jadi, pengajar bisa meminta lebih dari satu siswa untuk mengerjakan langsung pada papan tulis digital canggih LG ini. Pengerjaan proyek bisnis yang membutuhkan ragam ide dari pesertanya juga jadi bisa terakomodasi,” tutur Agustian.

Untuk semakin menunjang kegiatan belajar mengajar, LG juga menyematkan fitur Education Tools.

Fitur tersebut dapat membantu perangkat untuk menyediakan alat bantu pelajaran yang dibutuhkan oleh pengguna, seperti penggaris, busur dan lainnya.

“Demi melengkapi kecanggihan CreateBoard, LG menyematkan perangkat lunak khusus untuk memudahkan penggunanya dalam menyimpan berbagai berkas yang disimpan dalam format JPEG atau PDF. Fitur ini mampu meningkatkan produktivitas dan menghadirkan kenyamanan sekaligus,” terang Agustian.

Anda yang tertarik terhadap seluruh produk LG Digital Display terbaru bagi kebutuhan komersial dapat berkunjung langsung ke LG Business Innovation Center di Gandaria 8 Office Lantai 31, Jakarta.

Tempat tersebut adalah pusat bagi seluruh jajaran produk LG Business Solution yang baru mendapatkan update produk dan konsep pada Maret 2024.

Di tempat itu, pengunjung dapat merasakan langsung berbagai kecanggihan ragam produk LG yang dikembangkan secara khusus untuk menjadi solusi bagi kebutuhan bisnis atau komersial.

Tak terbatas padaCommercial Smart TV dan CreateBoard, LG Business Solution juga menyediakan produk untuk kategori lain, seperti layar penampil premium yang terdiri dari All-in-One LED, OLED Transparent, Video Wall, Hotel TV, dan Digital Signage.

“Kami terbuka untuk menyambut dan mendampingi seluruh masyarakat yang tertarik untuk melihat dan merasakan langsung berbagai inovasi dalam ragam produk Business Solution milik LG ini,” jelas Agustian.

Sebelum berkunjung ke LG Business Innovation Center, silakan buat perjanjian terlebih dahulu dengan tim sales LG melalui nomor 021-29304000.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com