Advertorial

Promosikan Potensi Wisata, Pemkab Taliabu Gelar Pesta HUT di Danau Likitobi

Kompas.com - 06/05/2024, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu Maluku Utara menggelar acara Pesta Hari Ulang Tahun (HUT) Pulau Taliabu di Danau Likitobi, Desa Holbota, Kecamatan Taliabu Barat dan Alun-Alun Kota Bobong, Senin (29/4/2024) hingga Selasa (30/4/2024).

Mengusung tema "Bersatu Membangun Negeri Hemungsia sia Dufu," perayaan tersebut terdiri dari sejumlah kegiatan, mulai dari parade perahu hias, bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pertunjukan tarian adat, serta hiburan musik untuk masyarakat.

Panggung utama diisi oleh beberapa penyanyi terkenal dari Ambon Maluku, seperti Mita Talahatu, Lilis RL, dan Wizz Baker. Selain itu, masyarakat Taliabu yang beruntung berkesempatan mendapatkan doorprize yang disediakan oleh panitia acara.

Antusiasme warga dalam Acara Puncak HUT Pulau Taliabu di Alun-alun Bobong.Dok. Pemkab Taliabu Antusiasme warga dalam Acara Puncak HUT Pulau Taliabu di Alun-alun Bobong.

Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus mengatakan, acara di Danau Likitobi merupakan yang pertama kali dilakukan pada tahun ini.

Acara tersebut, lanjutnya, menampilkan berbagai ciri khas dari Pulau Taliabu, termasuk kerajinan tangan dan pertunjukan tarian adat.

"Perayaan HUT di Danau Likitobi merupakan yang pertama kali di Pulau Taliabu. Tentunya, banyak artis yang hadir untuk menghibur dan banyak kerajinan-kerajinan Taliabu yang ditampilkan," ujar Aliong Mus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Aliong Mus menjelaskan bahwa pemilihan Danau Likitobi sebagai lokasi acara bertujuan untuk mengenalkan potensi pariwisata di Pulau Taliabu.

Dia menambahkan bahwa Pulau Taliabu memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik, baik di darat maupun di laut, seperti Pasir Anjing, Tanjung Merah, Pulau Samada, Danau Likitobi, Pulau Woyo, dan Air Ratahaya.

Oleh karena itu, perayaan tersebut merupakan momen paling penting untuk memperkenalkan wisata Taliabu di kancah nasional.

“Semoga, acara ini dapat menarik minat wisatawan dari luar daerah. Saya juga berharap agar bupati yang akan datang dapat terus mempromosikan keindahan alam Taliabu secara lebih luas,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com