Advertorial

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Bertransformasi Memberikan Pengalaman Menginap Berkelanjutan

Kompas.com - 07/05/2024, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari jajaran hotel brand Accor, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh untuk berperan aktif dalam program berkelanjutan sejak 2020.

Program keberlanjutan tersebut meliputi operasional menginap (sustainable stays), perputaran siklus untuk makanan (responsible food cycle), program keberlanjutan untuk staf, dan pedoman keberlanjutan untuk bepergian (sustainability explore).

Sejak lebih dari 30 tahun, Accor telah berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan. Masalah lingkungan, seperti pencemaran, limbah plastik, efek rumah kaca, dan emisi gas, menjadi fokus utama dalam upaya mengembangkan solusi yang berkelanjutan.

Dampak dari pencemaran lingkungan tidak hanya terasa di darat, tetapi juga di laut dan udara. Hal ini memengaruhi keseimbangan ekosistem secara keseluruhan.

Berpegang pada komitmen untuk mengatasi permasalahan lingkungan tersebut, Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah mengambil langkah-langkah konkret.

Melalui program Sustainable Stays, pihak hotel telah menghilangkan plastik satu kali pakai di seluruh area hotel, melakukan manajemen operasi untuk mengurangi konsumsi energi dan air, serta mengajak tamu untuk mendukung upaya tersebut dengan menyediakan fasilitas terbatas yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Para Staf Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square dengan bangga menghadirkan pengalaman kuliner berkelanjutan bagi para tamu.Dok. Novotel & ibis Styles Para Staf Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square dengan bangga menghadirkan pengalaman kuliner berkelanjutan bagi para tamu.

Responsible Food Cycle juga menjadi bagian integral dari inisiatif keberlanjutan hotel. Program ini mencakup pengolahan bahan makanan di perkebunan atau peternakan, distribusi vendor, menyajikan makanan ke para tamu, hingga pengolahan sampah makanan guna melakukan kontrol dan memperbaiki siklus perputaran makanan.

Pihak hotel juga memberikan standar ketat bagi produsen, yakni petani dan peternak, dan distributor bahan makanan. Vendor ini harus memiliki sistem yang bertanggung jawab dan menerapkan keseimbangan ekosistem, seperti tidak memberikan pestisida atau memberikan obat vaksin bagi hewan yang berlebihan.

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square juga melakukan edukasi makan secara bijak sesuai untuk para tamu. Hal ini bisa mengurangi sampah makanan. Setelah makanan selesai disajikan, tim dari kitchen melakukan pengolahan kembali, yaitu memisahkan makanan yang masih layak untuk bisa di donasikan serta memisahkan sampah sayuran dan buah-buahan untuk bisa diolah kembali menjadi pupuk organik di urban garden.

Banyak hal bisa dilakukan dalam mendukung siklus pengolahan makanan. Salah satunya adalah mengolah bahan makanan organik hasil dari hotel tanam sendiri.

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square memiliki area taman dan urban garden untuk menyajikan menu makanan sehat dan lezat.

Pihak hotel memperkenalkan microgreens menu a la carte dengan lima menu andalan, yaitu Tuna Salad, Vegan Salad, Omega 3, Beef Salad, dan Chicken Salad.

Lima menu tersebut memiliki bahan dasar sayuran organik yang diolah secara baik dan sempurna serta dipadukan dengan microgreens yang memiliki banyak manfaat. Menu itu semakin lezat dengan tambahan topping protein, yaitu pilihan ayam, daging, telur, dan ikan.

Para tamu vegetarian pun bisa juga menikmati makanan vegetarian yang tersedia di menu a la carte, seperti piza dan juga salad. Di masa mendatang, tim food dan beverages Novotel & ibis Styles Jakarta mangga Dua Square akan berkreasi dengan pengolahan bahan makanan yang sustainable, seperti pengolahan kulit semangka menjadi acar dan masih banyak makanan kreatif lain.

Tidak hanya untuk para tamu, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square juga melakukan komitmen untuk para staf. Para staf diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para tamu untuk mendukung program sustainability yang diterapkan oleh pihak hotel.

Manajemen juga melakukan kegiatan training berkelanjutan mengenai program ini. Pihak hotel juga menyosialisasikan aktivitas hemat energi dalam kegiatan sehari-hari, seperti mematikan lampu dan AC jika tidak digunakan, mematikan komputer setelah selesai digunakan, menggunakan tumbler minuman, dan mengonsumsi air minum pada suhu ruangan.

Dengan mendorong program berkelanjutan, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square akan menyajikan kepada tamu pengalaman menginap yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, hotel juga akan berkontribusi penuh dalam memberikan panduan perjalanan yang berkelanjutan, termasuk menyediakan informasi mengenai transportasi umum, tempat rekreasi alam, dan kendaraan berbasis Listrik.

Program keberlanjutan Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square mencakup empat sistem keberlanjutan, dampak lingkungan, dampak budaya, dan dampak sosial-ekonomi terhadap praktik hotel.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com