Advertorial

Peringati Agenda 2030, PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital kepada Nasabah Mekaar

Kompas.com - 09/05/2024, 17:54 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberikan pelatihan kepada 50 nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Bersama Jasa Manajemen TJSL (JMT) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), PNM memberikan pelatihan literasi keuangan digital dan penanaman bibit tanaman kepada nasabah PNM Mekaar yang tersebar di 21 titik Kampung Madani PNM.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari peringatan Agenda 2030 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau The 2030 Agenda for Sustainable Development Goals (SDGs) dan Hari Bumi yang jatuh setiap tahun pada 22 April.

Lewat pelatihan itu, PNM turut meningkatkan pemahaman nasabah terhadap literasi keuangan digital untuk usahanya. Nasabah Mekaar pun diharapkan dapat memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi mengatakan, pelatihan tersebut sebagai usaha subsistence agar meningkatkan nilai kewirausahaan dan dapat bersaing di era digital.

Arief melanjutkan, upaya tersebut juga sejalan dengan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk merealisasikan tujuan SDGs di Indonesia.

“PNM juga memberikan kegiatan yang dapat menggali potensi anak-anak di Rumah Pintar Kampung Madani. Hal ini sejalan dengan keinginan PNM untuk mendampingi dan memberdayakan masyarakat agar bisa produktif,” ujar Arief dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (9/5/2024).

Kegiatan tersebut melibatkan 30 anak yang berada di setiap Ruang Pintar Kampung Madani, meliputi lomba mewarnai, melukis, peragaan busana, dan membaca puisi. 

Sebagai salah satu Holding Ultra Mikro (UMi) yang dinaungi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PNM dinilai semakin kuat dan dapat membantu mencapai target-target SDGs yang mesti dicapai pada 2030. 

Untuk diketahui, PNM Mekaar tercatat telah membina lebih dari 15,2 juta nasabah dengan 3.867 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) tercatat memiliki 269 unit, Jawa 2.318 unit, Kalimantan 102 unit, Maluku 19 unit, Papua enam unit, Sulawesi 285 unit, dan Sumatera 868 unit.

Nasabah PNM Mekaar terdiri dari kelompok yang setiap minggu mengadakan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM). Saat ini, tercatat lebih dari 810.000 kelompok di seluruh Indonesia yang secara rutin mengadakan pertemuan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com