Advertorial

Perkuat Kapabilitas Digital, BRI Jalin Kerja Sama dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

Kompas.com - 10/05/2024, 12:13 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat kapabilitas digital melalui eksplorasi berbagai teknologi, salah satunya melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia, Rabu (17/4/2024).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Division Head Digital Banking Development and Operations BRI Kaspar Situmorang bersama Senior Vice President (VP) Tencent Cloud International Poshu Yeung dan Country Manager Hi Cloud Indonesia Prangki Tua.

Kerja sama itu bertujuan untuk memajukan inovasi layanan perbankan BRI melalui eksplorasi teknologi yang berfokus pada peningkatan pelayanan dan pengalaman nasabah dalam bertransaksi.

Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso mengatakan bahwa BRI akan terus berupaya menjalankan transformasi secara berkelanjutan.

“Sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia, BRI melakukan transformasi yang berfokus pada dua aspek utama, yakni digital dan culture sehingga kami akan terus membuat value baru melalui digitalisasi untuk menjalankan business model”, ujar Sunarso melalui siaran persnya, Jumat (10/5/2024).

Seperti diketahui, layanan perbankan saat ini dilakukan melalui berbagai produk dan layanan keuangan digital.

Sunarso menilai bahwa BRI sudah berhasil menjawab kebutuhan dan perubahan pola transaksi masyarakat secara digital.

“Saat ini, 99 persen transaksi di BRI sudah dilakukan secara digital dan sisanya sekitar 1 persen dilakukan melalui unit kerja atau kantor BRI,” ucapnya.

Sunarso berharap, BRI dapat memperkaya use case dan lesson learned guna mengembangkan kapabilitas digital, khususnya untuk memberikan pengalaman perbankan yang high tech dan high touch.

Sementara itu, Senior VP Tencent Cloud International Poshu Yeung mengatakan, Tencent Cloud senang bekerja sama dengan BRI karena memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia.

“Kami akan mengkolaborasikan keahlian dan akses ke solusi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan dengan kapabilitas digital dan kekuatan jaringan fisik BRI. Kami berharap dapat membantu memastikan bahwa BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di lanskap perbankan Indonesia,” ujar Poshu Yeung.

Sebagai informasi, Tencent Cloud dikenal dunia melalui keberhasilannya dalam pemanfaatan teknologi canggih, seperti generative AI, large language model (LLM), hingga biometrik untuk pengembangan superapps mobile banking yang mendominasi pasar.

Sebagai partner Tencent Cloud, Hi Cloud Indonesia memfasilitasi percepatan teknologi inovatif dan menjembatani kolaborasi antara Tencent Cloud dengan BRI.

Melalui eksplorasi kolektif ini, BRI mengeksplorasi potensi adopsi teknologi dan keberhasilan tersebut untuk diimplementasikan pada berbagai produk dan layanan perbankan BRI guna meningkatkan user experience agar lebih mudah, aksesibel, efisien, dan aman.

Penandatanganan itu turut menandai komitmen BRI untuk tetap berada di garis depan inovasi industri layanan perbankan Indonesia dengan menggabungkan pembelajaran kesuksesan Tencent dengan keahlian lokal, pemahaman pasar, dan kemampuan adopsi BRI.

Dengan demikian, BRI berharap dapat mendorong penciptaan dan pengembangan layanan perbankan yang bukan hanya menjawab kebutuhan, tapi juga menawarkan pengalaman baru bagi nasabah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com