Advertorial

Kelola Tabungan Anak di Tabungan BRI Junio Makin Praktis dengan Fitur AFT

Kompas.com - 15/05/2024, 10:16 WIB

KOMPAS.com - Mengelola keuangan menjadi salah satu kunci dalam memastikan masa depan anak. Salah satu upaya yang bisa dilakukan orangtua adalah mengajarkan anak-anak menabung.

Meski demikian, menabung untuk kebutuhan si kecil dapat menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, orangtua kerap menggunakan uang tabungan anak untuk kebutuhan lain jika sedang memiliki banyak pengeluaran.

Guna membantu orangtua konsisten menabung, Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Tabungan BRI Junio menghadirkan fitur automatic fund transfer (AFT).

Fitur tersebut memungkinkan orangtua mentransfer dana dari rekening mereka ke tabungan BRI Junio secara otomatis dan berkala. Dengan fitur ini, orangtua tidak perlu repot melakukan transfer manual untuk mengelola keuangan anak.

Kehadiran fitur AFT di Tabungan BRI Junio ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk mendukung gerakan menabung sejak dini bagi anak-anak. Dengan fitur ini, orangtua dapat mengajarkan anak-anak mereka tentang pentingnya menabung dan mengelola keuangan dengan lebih baik.

Manfaat fitur AFT

Fitur AFT memiliki segudang manfaat bagi orangtua dan anak dalam mengelola tabungan. Pertama, melatih konsistensi menabung. Melalui fitur AFT, orangtua dapat mengatur transfer dana ke tabungan anak setiap bulan secara otomatis.

Hal tersebut membantu menjaga konsistensi menabung karena orangtua tidak perlu lagi mengingat atau melakukan transfer secara manual. Konsistensi ini penting dalam membangun kebiasaan menabung sekaligus membantu mencapai tujuan keuangan untuk anak.

Kedua, disiplin keuangan. Fitur AFT membantu menciptakan disiplin keuangan bagi para orangtua dan anak. Dengan menetapkan jumlah uang yang akan ditransfer setiap bulan, orangtua dapat memastikan bahwa mereka selalu menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan anak tanpa tergoda menggunakannya untuk keperluan lain.

Ketiga, mengajarkan nilai menabung. Orangtua dapat mengajarkan nilai-nilai penting tentang menabung kepada anak-anak mereka melalui fitur AFT. Mereka dapat melihat orang tuanya menabung secara konsisten untuk mempersiapkan masa depan.

Keempat, mengoptimalkan pertumbuhan dana. Dana yang terkumpul dalam tabungan anak akan terus bertumbuh seiring waktu dengan menabung secara teratur melalui fitur AFT. Hal ini karena dana yang ditabung akan mendapatkan bunga atau keuntungan dari investasi.

Ilustrasi pengguna BRI Junio.Dok. BRI Ilustrasi pengguna BRI Junio.

Kelima, mengurangi risiko lupa atau terlambat. Saat mengelola tabungan anak, orangtua kerap lupa atau terlambat dalam melakukan penyetoran dana. Fitur AFT menghilangkan risiko ini dengan melakukan transfer dana secara otomatis. Dengan demikian, orangtua tidak perlu mengkhawatirkan keterlambatan atau kekurangan dalam menabung untuk anak-anak.

Cara menggunakan fitur AFT

Orangtua dapat menggunakan fitur AFT di Tabungan BRI Junio dengan mudah. Sebelum menggunakan fitur ini, orangtua harus memiliki rekening BRI aktif, seperti BRI BritAma.

Berikut cara menggunakan fitur AFT melalui aplikasi BRImo.

  1. Login ke aplikasi BRImo menggunakan user ID dan PIN Anda.
  2. Pilih menu "Tabungan".
  3. Pilih rekening BRI yang akan digunakan sebagai sumber dana untuk transfer otomatis (misalnya BRI BritAma).
  4. Pilih opsi "Transfer".
  5. Pilih "Rekening Tujuan" dan pilih rekening Tabungan BRI Junio anak Anda.
  6. Pilih opsi "Atur Transfer Terjadwal".
  7. Atur jadwal transfer (misalnya harian, mingguan, atau bulanan) dan nominal yang akan ditransfer secara otomatis.
  8. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan menabung anak Anda.
  9. Periksa kembali detail transfer dan jadwalnya.
  10. Masukkan PIN BRImo Anda untuk konfirmasi.
  11. Anda akan menerima notifikasi bahwa fitur AFT berhasil diaktifkan.

Sebagai informasi, minimal transaksi untuk fitur AFT adalah Rp 100.000. Adapun tanggal pemilihan AFT pertama kali yang dapat dipilih maksimal 27 hari setelah rekening Tabungan BRI Junio dibuka.

Apabila pendebitan AFT pada bulan tertentu gagal, maka nominal yang didebitkan pada bulan berikutnya akan disesuaikan dengan bulan bersangkutan saja.

Dengan demikian, orang tua dapat mengatur sendiri jumlah dana dan waktu AFT. Mulai persiapkan masa depan pendidikan anak Anda dengan Tabungan BRI Junio. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat kunjungi tautan https://bri.co.id/britama-junio.

Jangan lupa download BRImo di Google Play Store , App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman. Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan satset karena #BRImoMudahSerbaBisa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com