Advertorial

Apa Manfaat Periksa Kadar Kalsium pada Jantung?

Kompas.com - 18/05/2024, 09:37 WIB

KOMPAS.com – Kalsium memiliki peran penting pada organ jantung. Zat ini berfungsi untuk menjaga kontraksi otot jantung agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Di sisi lain, penumpukan kalsium berlebih di pembuluh darah jantung justru bisa berdampak buruk. Kadar kalsium yang tinggi di pembuluh darah jantung dapat menjadi indikator penting dalam menilai kesehatan jantung di masa depan.

Salah satu cara untuk memeriksa kadar kalsium di jantung adalah dengan prosedur CT Calcium Score.

Menurut Konsultan Intervensi Jantung dan Aritmia Eka Hospital BSD Dr dr M Yamin, Sp.JP (K), SpPD, FACC, FSCAI, FAPHRS pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat seberapa banyak penumpukan kalsium di arteri jantung akibat timbunan kolesterol dan lemak yang membentuk plak.

Plak yang mengeras, kata dr Yamin, dapat mempersempit pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Ia menjelaskan, CT Calcium Score memiliki tujuan utama untuk mencegah dan mengetahui risiko penyakit jantung dan stroke sebelum gejalanya muncul. Waktu terbaik untuk melakukan tes ini adalah saat belum ada gejala yang muncul.

“Jika rutin melakukan medical-check up, pasien bisa meminta CT Calcium Score untuk mengetahui seberapa tinggi risiko terhadap penyakit jantung,” ujar dr Yamin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/5/2024).

Pemeriksaan CT Calcium Score direkomendasikan untuk orang yang berusia 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki risiko penyakit jantung. Pemeriksaan ini dapat dilakukan setiap tiga hingga lima tahun sekali, tergantung hasil risiko yang didapat.

Kelompok orang yang dianjurkan rutin menjalani pemeriksaan tersebut adalah individu yang memiliki riwayat penyakit jantung atau kolesterol tinggi dalam keluarga, perokok, penderita tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan, jarang berolahraga, serta individu di bawah 40 tahun dengan riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga.

Lebih lanjut dr Yamin menjelaskan bahwa CT Calcium Score memiliki beberapa keunggulan dibanding metode lainnya.

“Prosedur ini dapat dilakukan sebelum gejala penyakit jantung muncul, bersifat non-invasif karena menggunakan CT scan, tidak menggunakan cairan kontras sehingga minim efek samping, dan berfungsi sebagai alat deteksi dini serta penilaian risiko penyakit jantung di masa mendatang,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Chairman MYCardia Eka Hospital itu.

Di Eka Hospital Group, CT Calcium Score sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, terutama pada orang dengan risiko rendah hingga sedang.

Menurut dr Yamin, mengetahui potensi serangan jantung atau penyakit pembuluh darah lainnya sejak dini memungkinkan pengobatan yang lebih efektif.

Untuk konsultasi lebih lanjut, kunjungi MYCardia di Eka Hospital Group. Dokter spesialis jantung di sana akan membantu membacakan hasil tes dan memberikan saran medis untuk menjaga kesehatan jantung Anda dan memastikan risiko penyakit jantung tetap rendah. Yuk, segera lakukan pemeriksaan jantung!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com