Advertorial

Rayakan HUT Ke-125, RS Bethesda Jadi Ruang Asa Masyarakat Yogyakarta

Kompas.com - 21/05/2024, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-125 di Auditorium RS Bethesda, Kotabaru. Gondokusuman, Yogyakarta, Senin (20/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, mengucapkan selamat ulang tahun kepada RS Bethesda Yogyakarta yang telah melayani masyarakat sejak 1899.

“125 tahun bukanlah waktu yang singkat. Dalam perjalanan panjangnya, RS Bethesda Yogyakarta tak hanya bertahan dari badai zaman, tetapi juga menjadi ruang asa yang hangat bagi masyarakat, khususnya Yogyakarta,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/5/2024).

Sri Sultan HB X mengungkapkan bahwa RS Bethesda Yogyakarta mampu menggabungkan kasih dan profesionalisme, serta menciptakan layanan kesehatan yang penuh makna bagi masyarakat.

Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah menarik 1.000 kilometer (km) kabel optik untuk memastikan koneksi internet tetap terjaga, bahkan di tengah bencana. Dengan begitu, pelayanan kepada masyarakat tetap terjamin karena sinyal tidak hilang.

“Pengalaman tersebut menunjukkan pentingnya konektivitas. Kami menarik kabel optik dengan harapan jika terjadi bencana, perangkat pintar dan digitalisasi di Yogyakarta tetap hidup,” tuturnya.

Sri Sultan HB X berharap, RS Bethesda Yogyakarta dapat memanfaatkan keberadaan kabel optik tersebut untuk kepentingan umat manusia, menciptakan ekosistem smart hospital yang baik, serta mempercepat, dan mempermudah pekerjaan di rumah sakit.

Ia juga menegaskan bahwa data besar atau big data yang dimiliki rumah sakit tetap berada di tangan RS Bethesda, bukan di Pemda DIY.

Sementara itu, Direktur RS Bethesda Yogyakarta dr Edy Wibowo, SpM(K), MPH, mengungkapkan bahwa tema ulang tahun ke-125 RS Bethesda Yogyakarta adalah “Gusti Tansah Nganthi”.

“Melalui tema tersebut, kami berefleksi dan berharap agar Tuhan senantiasa menyertai dalam setiap langkah kami dan terus menyertai seluruh pemangku kepentingan selamanya,” ujar dr Edy.

Tema tersebut, lanjut dr Edy, menjadi dasar RS Bethesda Yogyakarta dalam mencapai visi dan misi yang unggul, tepercaya, dan bertumbuh dengan pelayanan profesional dan penuh kasih.

Pada kesempatan sama, Ketua Panitia HUT ke-125 RS Bethesda Yogyakarta, dr Eddy Gunawan, menambahkan bahwa dalam peringatan kali ini, ada banyak agenda yang diselenggarakan. Salah satunya adalah Bethesda Fun Run 2024 yang bisa diikuti masyarakat umum.

Bethesda Fun Run akan diselenggarakan pada Minggu (26/5/2024) dengan kategori rute 5K dan 10K di Kota Yogyakarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com