Kabar pariwisata

Jelang Perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur, Puluhan Ribu Wisatawan Padati Magelang dan Sekitarnya

Kompas.com - 23/05/2024, 14:50 WIB

KOMPAS.com – Menjelang libur panjang dalam rangka Waisak 2024 pada Kamis (23/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024), wisatawan mulai memadati kawasan Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aviasi dan Pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memperkirakan ada peningkatan jumlah pengunjung di Candi Borobudur yang akan menjadi lokasi perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE mencapai 60.385 orang. Angka ini meningkat 31,3 persen jika dibandingkan periode libur panjang Waisak pada 2023 yang menyentuh angka 45.991 pengunjung.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan bahwa InJourney Group menghadirkan beragam keseruan di berbagai destinasi pariwisata serta hotel-hotel yang dikelola sehingga masyarakat bisa menikmati libur panjang dengan penuh suka cita.

“Termasuk beragam acara di Candi Borobudur yang kami hadirkan dalam rangka perayaan Waisak 2024. Kami berharap, masyarakat mematuhi berbagai ketentuan selama perayaan Waisak sehingga acara berlangsung dengan lancar,” ujar Maya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/5/2024).

Detik-detik Waisak akan jatuh pada pukul 20.52.42 WIB, Kamis. Puncak perayaan Waisak akan diadakan dengan acara Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, peringatan detik-detik Waisak, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion Waisak.

Perayaan itu juga dilakukan dengan mindful walking meditation, yaitu merasakan kesakralan Candi Borobudur melalui pradaksina dan meditasi. Acara ini bisa diikuti oleh masyarakat umum pada Jumat (24/5/2024) dan Sabtu (25/5/2024).

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management (IDM) Hetty Herawati menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung, terutama di hotel sekitar Yogyakarta yang berdekatan dengan kawasan Taman Wisata Candi Borobudur.

“IDM telah melakukan persiapan agar para wisatawan bisa menikmati libur panjangnya,” kata Hetty.

Peningkatan traffic di Bandara YIA

Berkaitan dengan libur panjang, PT Angkasa Pura I juga memperkirakan kenaikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Kami memperhitungkan akan ada kenaikan 56 persen penumpang yang melaksanakan perjalanan melalui YIA pada H-1 momen libur panjang akhir pekan ini jika dibandingkan dengan traffic penumpang pada hari sebelumnya,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta Ruly Artha.

Diperkirakan 64.297 orang penumpang akan melalui YIA dengan 431 pesawat pada periode jelang dan libur panjang akhir pekan ini. Rinciannya, 32.206 penumpang datang dan 32.091 penumpang berangkat.

Rully mengatakan, pada H-1 jelang libur panjang akhir pekan atau Rabu (22/5/2024), terdapat 12.879 orang penumpang melalui YIA dengan rincian 7.014 penumpang datang dan 5.865 penumpang berangkat.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, lanjut dia, pihaknya telah memastikan fasilitas serta layanan berjalan dengan baik dan dipersiapkan secara optimal melalui koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Kami juga mengutamakan aspek Security, Services, Safety, dan Compliance (3S+1C),” ucap Rully.

PT Angkasa Pura I juga memastikan dukungan dari moda transportasi lanjutan dari dan ke YIA dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa bandara.

“Kami menghimbau masyarakat pengguna jasa bandara untuk tetap menjaga kesehatan selama melakukan perjalanan sehingga perjalanan terasa nyaman,” imbuh dia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com