Advertorial

Mampu Berinteraksi dengan Bahasa Daerah, Chatbot BRI Sabrina Torehkan Prestasi di Mata Lokal Award 2024

Kompas.com - 24/05/2024, 14:23 WIB

KOMPAS.com – Transformasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan apresiasi. Kali ini, chatbot BRI Sabrina berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy dalam acara Mata Lokal Fest yang diselenggarakan oleh Tribunnews di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Dalam acara yang bertema “Local Thriving in the Digital Era” ini, BRI dianggap sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia.

Dalam hal ini, digitalisasi menjadi kesempatan bagi BRI untuk berkembang bersama lokal. Teknologi di Sabrina sendiri telah dimaksimalkan dengan large language model (LLM) sehingga chatbot ini mampu merespons berbagai bahasa daerah di Indonesia.

Terkait hal ini, Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini semakin memacu BRI untuk melakukan inovasi digital.

“Sabrina akan terus dikembangkan untuk lebih memudahkan nasabah dalam mencari informasi dan transaksi,” ujar Andrijanto melalui siaran persnya, Jumat (24/4/2024).

“Chatbot Sabrina yang dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) bisa berinteraksi dengan nasabah, termasuk menyapa dan berbincang dengan menggunakan bahasa daerah atau lokal,” sambungnya.

Sebelumnya, Sabrina juga meraih peringkat pertama untuk kategori Performa Terbaik Chatbot Bank dalam hasil survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 yang dirilis lembaga riset Marketing Research Indonesia (MRI) yang bekerja sama dengan majalah Infobank.

Seperti diketahui, di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, kebutuhan nasabah akan layanan juga semakin tinggi. Untuk itu, lembaga perbankan perlu melakukan inovasi terhadap pelayanannya, terutama pada sisi digitalisasi layanan, sehingga nasabah dapat memperoleh informasi terkait layanan suatu perbankan.

Selain dapat berinteraksi dengan berbagai bahasa dan memberikan informasi perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah melakukan pengecekan saldo dan mutasi tabungan, pembuatan dan pengecekan pengaduan, menginformasikan lokasi kantor BRI, lokasi mesin ATM, serta merchant terdekat.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan Tanya Sabrina melalui WhatsApp pada nomor 0812-1214-017. Melalui fitur ini, segala informasi terkait produk dan promo bank BRI dapat dengan mudah didapat.

Sebagai informasi, perhelatan Mata Lokal Fest ini menjadi salah satu upaya dan wujud komitmen Tribun Network dalam memberdayakan lokal bersama para stakeholder yang terlibat. Rangkaian acara Mata Lokal Fest meliputi Temu Komunitas Lokal, Local Experience, Collaborator Talk,dan Mata Lokal Award.

Mata Lokal Award sendiri merupakan penghargaan yang akan dianugerahkan kepada perusahaan yang mampu memberikan dampak dan bergerak pada misi besar untuk memperkuat eksistensi lokal. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi serta momentum untuk berkolaborasi maupun berkembang bersama lokal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com