Advertorial

Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Ibu Rumah Tangga

Kompas.com - 29/05/2024, 18:33 WIB

KOMPAS.com Berkat kemajuan teknologi, kini banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan dari jarak jauh atau remote. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan ibu rumah tangga (IRT) untuk mendapatkan penghasilan tambahan lewat pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah.

Berbeda dengan pekerjaan penuh waktu yang mengharuskan ke kantor dan terikat peraturan, freelance bersifat fleksibel dan dapat dilakukan di waktu senggang.

Banyak situs informasi pekerjaan freelance yang bisa menjadi referensi, salah satunya adalah Fastwork.

Fastwork adalah platform freelance profesional terbesar di Asia Tenggara yang berasal dari Thailand dan tengah berkembang di Indonesia.

Platform tersebut membantu pelaku bisnis menemukan dan mempekerjakan freelancer secara cepat, aman, dan hemat biaya.

Adapun layanan yang ditawarkan di Fastwork meliputi desain grafis, penulisan, penerjemahan, pemasaran online, influencer, hingga entri data.

Berikut adalah rekomendasi pekerjaan freelance yang cocok untuk IRT.

  1. Asisten virtual

Asisten virtual melakukan tugas administratif, seperti penjadwalan, mengelola email dan panggilan telepon, entri data, mengelola media sosial, serta melayani pelanggan.

Pekerjaan tersebut sangat populer di kalangan IRT karena 100 persen jarak jauh, tidak memerlukan pengalaman khusus, dan menawarkan prospek kenaikan gaji.

  1. Penulis konten (content writer)

Banyak perusahaan media online menawarkan topik khusus parenting. IRT dapat memanfaatkan pengalaman mengasuh anak untuk menulis tentang parenting di situs web, media sosial, atau blog pribadi.

Sama halnya dengan asisten virtual, penulis konten juga populer di kalangan IRT karena mendatangkan banyak penghasilan.

  1. Pembuat konten (content creator)

Pekerjaan pembuat konten bisa dilakukan dengan mengelola akun pribadi atau perusahaan. Keterampilan minimal dalam pengeditan video dan gambar sudah cukup untuk memulai pekerjaan ini.

Dengan membuat ragam konten menarik, Anda bisa meningkatkan portofolio dan membuat sistem penetapan harga sebagai influencer serta bergabung dengan afiliasi.

  1. Customer service representative

Umumnya, tugas customer service representative termasuk menerima telepon, membantu pelanggan, dan menyelesaikan masalah mereka.

Pekerjaan tersebut memerlukan ketenangan dan kemampuan menggunakan perangkat lunak sesuai kebutuhan pelanggan.

  1. Pakar SEO

Blog pribadi atau situs web bisnis dapat dijadikan portofolio untuk melamar pekerjaan freelance sebagai spesialis search engine optimization (SEO).

Tugasnya adalah meneliti, mengevaluasi, dan menerapkan perubahan pada situs web untuk meningkatkan lalu lintas dan visibilitas mesin pencari.

Meski terkadang harus pergi ke kantor, tetapi masih banyak perusahaan yang menawarkan sistem remote untuk pekerjaan tersebut.

  1. Ahli entri data

Pekerjaan entri data bersifat fleksibel dan bisa dilakukan saat anak-anak tidur atau di sekolah. Beberapa perusahaan mungkin memerlukan sertifikasi entri data, tetapi keterampilan dasar (mengetik dan perhatian pada detail) sudah cukup.

  1. Penerjemah

Jika menguasai bahasa asing, IRT bisa menjadi penerjemah. Banyak pekerjaan penerjemah yang ditawarkan secara penuh, paruh waktu, hingga freelance. Kebanyakan juru ketik harus memiliki kemampuan mengetik 75 kata per menit (word per minute/WPM).

  1. Guru online

Jika memiliki kemampuan mengajar, Anda bisa membuka kursus online, seperti bahasa Inggris, matematika, dan pelajaran lain yang dibutuhkan anak-anak sekolah.

Anda cukup membuat tutor terkait materi pelajaran atau melakukan proses belajar mengajar lewat aplikasi tatap muka. Apalagi, saat ini banyak aplikasi yang memungkinkan banyak orang mengajar secara online.

Itulah beberapa pekerjaan freelance yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Dengan membuka Fastwork, Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait pekerjaan online yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan keahlian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com