Advertorial

Yaris Cross HEV Jadi Investasi Menguntungkan dengan Nilai Jual Stabil dan Performa Mumpuni

Kompas.com - 04/06/2024, 15:12 WIB

KOMPAS.com – Memilih kendaraan roda empat bukanlah keputusan mudah. Selain pertimbangan performa dan kenyamanan, faktor harga juga menjadi salah satu penentu utama.

Bagi banyak orang, memiliki mobil dengan nilai jual kembali yang bagus adalah keuntungan besar. Salah satu contohnya, Toyota Yaris Cross HEV. Meski sudah setahun diluncurkan, kendaraan tersebut masih memiliki nilai jual kembali yang stabil sehingga menjadi investasi menarik.

Sebagai informasi, Toyota Yaris Cross HEV perdana diluncurkan pada Mei 2023. Pada pengujung tahun tersebut, kendaraan ini menyabet penghargaan Total Cost Ownership (TCO) untuk kategori “Small Sport Utility Vehicle” di ajang GridOto Award 2023.

Untuk membuktikan stabilitas harga Yaris Cross HEV, Kompas.com melakukan riset sederhana melalui pencarian di salah satu platform jual beli terbesar di Indonesia, OLX. Adapun pada peluncuran, mobil tersebut dibanderol seharga Rp 440,6 juta.

Hasil pencarian per Jumat (31/5/2024) menunjukkan, harga Yaris Cross HEV bekas tidak mengalami penurunan signifikan Nilai jualnya mulai dari Rp 359 juta hingga Rp 419 juta, dengan pemakaian di rentang 6.000 km sampai 14.000 km.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa Yaris Cross HEV tetap memiliki nilai jual tinggi, bahkan setelah digunakan selama setahun. Hal ini tidak mengejutkan mengingat reputasi Toyota yang dikenal memiliki resale value yang bagus.

Toyota memang sudah lama dikenal sebagai produsen mobil yang menjaga nilai jual kendaraannya. Model-model Toyota umumnya memiliki penurunan harga yang tidak terlalu drastis jika dibandingkan merek lain.

Yaris Cross HEV adalah salah satu buktinya. Stabilitas harga ini tentunya memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya, terutama jika suatu saat ingin menjual kembali mobil tersebut.

Selain harga yang stabil, Yaris Cross HEV juga menawarkan performa yang mumpuni. Dibekali dengan mesin hybrid, Yaris Cross HEV mampu memberikan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Yaris Cross HEV dibekali mesin 1.500 cc Dual VVT-i yang dikombinasikan dengan motor listrik. Kombinasi ini tidak hanya menghasilkan torsi besar 141 Nm dan tenaga 171 Tk, tapi juga membuat akselerasi kendaraan menjadi responsif dan bertenaga stabil, serta irit konsumsi bahan bakar.

Hasil uji coba Tim Kompas Otomotif pada November 2023 menunjukkan, konsumsi bahan bakar Yaris Cross HEV mencapai 24,5 km per liter, jauh lebih irit ketimbang versi standar yang hanya mencapai 10,1 km per liter.

Adapun pengujian tersebut dilakukan dengan berkendara berkeliling Jakarta dalam jarak dan gaya berkendara sehari-hari.

Tidak hanya irit, Yaris Cross HEV dilengkapi fitur canggih, seperti Toyota Safety Sense (TSS) dan Toyota Hybrid System (THS), yang menunjang keselamatan dan efisiensi berkendara. Interiornya yang lapang dan nyaman dengan panoramic roof menambah kesan mewah.

Kemewahan semakin terasa dengan tampilan desain bodi Yaris Cross HEV yang gagah dengan ground clearance 260 mm dan radius putar kecil 5,2 meter. Ini menjadikannya nyaman dan lincah dibawa bermanuver di segala medan.

Fitur lainnya, seperti setir tilt dan telescopic, layar head unit 10,1 inci, AC digital, push start stop button, jok elektrik, dan audio steering switch semakin meningkatkan kenyamanan berkendara.

Dari semua itu, jelas terlihat bahwa memiliki Yaris Cross HEV memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya dari sisi performa dan fitur, tetapi juga dari aspek keuangan jangka panjang.

Jadi, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil, Yaris Cross HEV layak masuk dalam daftar pilihan dengan segala keunggulannya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com