Advertorial

Pemkot Cilegon Kembali Buka 1.000 Kuota Beasiswa Full Sarjana

Kompas.com - 11/06/2024, 14:04 WIB

KOMPAS.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon kembali menyediakan 1.000 kuota pendaftaran bagi program Beasiswa Full Sarjana pada 2024. Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa selama 8 semester.

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, program Beasiswa Full Sarjana diperuntukkan bagi mahasiswa asal Kota Cilegon, Banten, berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

“Syaratnya, mahasiswa yang bersangkutan itu dari keluarga tidak mampu dan berprestasi. Jadi, kalau tidak mampu itu dibuktikan melalui Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau masuk (terdaftar dalam) Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk yang berprestasi, dibuktikan dengan keikutsertaan lomba di tingkat kota, provinsi, dan nasional, serta mendapat juara 1,2,dan 3,” ujar Heni dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/6/2024).

Heni menambahkan, para calon mahasiswa dan mahasiswi yang mendapat beasiswa akan diberikan bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dengan maksimal biaya sebesar Rp 3 juta per semester selama 8 semester.

“Maksimal nilai bantuannya Rp 3 juta (per semester per orang). Jadi, bagi UKT yang cuma Rp 2,2 juta ya kami berikan sesuai UKT, tidak lebih dari Rp 3 juta selama 8 semester,” tuturnya.

Hingga 2024, tambah Heni, setidaknya sudah ada 26 universitas yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terkait realisasi pelaksanaan program Beasiswa Full Sarjana, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Sudah ada 26 universitas yang sudah bekerja sama dengan program Beasiswa Full Sarjana. Universitas tersebut rata-rata di Banten dan Jakarta,” kata Heni.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy menjelaskan bahwa Beasiswa Full Sarjana diberikan untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Program kami saat ini lebih fokus kepada pembangunan SDM. Kami ingin masyarakat Cilegon cerdas. Dengan memberikan beasiswa, masyarakat Cilegon diharapkan tidak ada lagi yang tidak kuliah. Apalagi, karena terkendala biaya. Makanya, kami berikan program bantuan Beasiswa Full Sarjana," jelas Helldy.

Helldy menambahkan, Beasiswa Full Sarjana juga merupakan bentuk kepedulian Pemkot Cilegon terhadap pendidikan.

Untuk diketahui, sejak menjabat sebagai Wali Kota Cilegon, Helldy mengaku bahwa pendidikan adalah salah satu fokus dalam masa pemerintahannya.

Sejak 2021, ia pun telah mengerahkan Dindikbud Kota Cilegon untuk menjalankan program Beasiswa Full Sarjana.

“Selain beasiswa, saya juga membangun empat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) agar ketimpangan lulusan sekolah dasar (SD) di Cilegon yang ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya itu terwujud. Honor-honor tenaga pendidik juga saya naikan Saya ingin Pendidikan di Cilegon itu bagus agar kami bisa mempersiapkan SDM menuju Indonesia Emas 2045," ujar Helldy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com