Advertorial

Tak Punya Slip Gaji? Ini Rekomendasi Aplikasi Kredit Online untuk Freelancer

Kompas.com - 21/06/2024, 17:55 WIB

KOMPAS.com – Pekerja lepas (freelancer) kerap terkendala dalam mengakses layanan keuangan, khususnya kredit, karena tidak memiliki slip gaji sebagai syarat pengajuan.

Seiring waktu berjalan, kendala tersebut pun sudah tidak dialami lagi berkat kehadiran financial technology (fintech) lewat aplikasi kredit online.

Inovasi itu menjadi angin segar bagi freelancer karena mereka bisa mendapatkan akses keuangan, seperti layanan paylater, kredit online, dan pinjaman tunai tanpa melampirkan slip gaji sebagai syarat pengajuan.

Salah satu aplikasi kredit online yang direkomendasikan bagi freelancer adalah Kredivo yang dikenal dengan tagline #Sefleksibelitu.

Tanpa perlu slip gaji, freelancer dapat mengajukan kredit online di Kredivo dengan syarat mudah sebagai berikut.

  1. Warga negara Indonesia (WNI) berusia 18-60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya minimal penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Tinggal atau berdomisili di Indonesia.

Sebagai informasi, aplikasi cicilan dana bulanan Kredivo menghadirkan dua opsi akun. Pertama, Akun Basic dengan pendaftaran singkat, limit maksimal Rp 3 juta, dan layanan cicilan sampai 3 bulan.

Kedua, Akun Premium dengan pendaftaran yang mensyaratkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai bukti penghasilan, limit maksimal Rp 50 juta, dan layanan cicilan hingga 24 bulan.

Calon kreditur juga bisa meningkatkan layanan (upgrade) ke akun Premium Kredivo. Layanan ini dapat diakses oleh masyarakat yang berdomisili di sejumlah kota tertentu, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, dan Purwakarta.

Kemudian, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Bengkulu, Jambi, Subang, Garut, Majalengka, Indramayu, Banyumas, Cilacap, Pekalongan, Jombang, Jember, dan Mataram.

Selanjutnya, Gorontalo, Kendari, Minahasa Utara, Minahasa, Bitung, Banyuwangi, Kampar, Kudus, Klaten, Kendal, Demak, Serang, Bantul, Kuningan, Pemalang, Banjar, Kota Kupang, Ambon, Palu, Tabanan, Bengkulu Tengah, Muaro Jambi, Batang, Nganjuk, Barito Kuala, Lampung Selatan, Lombok Barat, dan Binjai.

Jika sudah memilih salah satu opsi akun dan mengikuti tahapan pendaftaran, kamu akan mendapatkan notifikasi persetujuan dalam waktu 1 x 24 jam. Seluruh proses ini dilakukan secara online melalui aplikasi Kredivo.

Layanan utama Akun Premium Kredivo

Kredivo menawarkan tiga layanan utama bagi pengguna Akun Premium. Pertama, layanan bunga 0 persen untuk tenor 1 dan 3 bulan.

Khusus opsi tenor 1 bulan, kreditur bisa bertransaksi tanpa minimal tertentu. Pinjaman ini bisa dibayar satu bulan kemudian tanpa dikenakan bunga. Jadi, opsi ini cocok untuk membeli makanan dan jajanan serta berbelanja di e-commerce.

Sementara, tenor 3 bulan mensyaratkan transaksi minimal Rp 500.000 untuk menikmati bunga 0 persen. Layanan ini pun menjadi salah satu favorit pengguna.

Kedua, opsi cicilan dengan tenor yang lebih panjang, yaitu 6,12, 18, dan 24 bulan. Layanan ini memiliki suku bunga rendah, yakni mulai dari 1,99 persen per bulan. Jadi, opsi ini cocok dimanfaatkan saat kreditur membutuhkan pinjaman dengan nominal besar, tetapi dengan cicilan lebih ringan.

Layanan tersebut dapat digunakan di ribuan merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo, mulai dari Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Zalora, Tiket.com, Erafone, iBox, IKEA, Indomaret, hingga Alfamart.

Ketiga, fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo yang dapat mencairkan limit Kredivo menjadi pinjaman tunai. Dengan fitur ini, kamu bisa mengajukan pinjaman sesuai limit yang dimiliki, mulai dari Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

Pinjaman tunai tersebut juga memiliki suku bunga mulai dari 1,99 persen per bulan dengan tenor cicilan maksimal hingga 12 bulan.

Selain tiga fitur itu, pengguna Akun Premium Kredivo juga bisa memanfaatkan fitur top up dan bayar tagihan di aplikasi Kredivo. Fitur ini bisa digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan voucer game, serta pembayaran berbagai tagihan, mulai dari internet, PAM, PLN, hingga BPJS. Fitur ini menghadirkan bunga 0 persen untuk tenor 1 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan layanan dari Kredivo? Yuk, unduh aplikasi Kredivo di Apps Store atau Play Store pada smartphone kamu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com