Advertorial

Ingin Liburan Singkat untuk Nikmati Weekend? Siapkan 5 Hal Berikut

Kompas.com - 22/06/2024, 10:04 WIB

KOMPAS.com — Libur di akhir pekan kerap dijadikan kesempatan untuk melakukan short getaway. Banyak orang memanfaatkan momen libur singkat ini untuk melepas penat dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Tak mesti pergi ke tempat yang jauh, liburan singkat bisa dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas di dalam kota. Sebut saja, staycation, wisata dalam kota, atau kamping.

Karena durasi yang terbatas, liburan singkat harus dipersiapkan dengan matang. Hal ini agar seluruh rencana yang liburan bisa berjalan dengan baik. Apabila persiapan kurang, rencana bisa berantakan. Bukannya melepas penat, kamu bisa menjadi tambah stres.

Agar liburan singkat bisa dinikmati tanpa hambatan, kamu bisa melakukan lima hal berikut.

  1. Buat rencana kegiatan yang matang

Merencanakan kegiatan hingga perjalanan untuk menikmati liburan, meski singkat, juga penting untuk dilakukan.

Tentukan destinasi yang sesuai dengan waktu yang kamu miliki dan buatlah itinerari yang rinci. Pastikan kamu telah memetakan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, jam operasionalnya, waktu untuk pergi ke sana, dan kegiatan yang akan dilakukan.

Dengan perencanaan yang matang, kamu bisa menghindari kebingungan dan memaksimalkan waktu liburan yang singkat.

  1. Siapkan rencana transportasi

Transportasi menjadi faktor penting dalam liburan singkat. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima. Periksa mesin, ban, dan bahan bakar. Bawa perlengkapan darurat seperti ban cadangan dan toolkit.

Jika memilih transportasi umum, pastikan kamu sudah mengetahui rute dan nomor kendaraan. Cek juga keberangkatan dengan teliti.

Perencanaan transportasi yang matang bisa membuat perjalanan kamu lebih nyaman dan efisien.

  1. Bawa perlengkapan liburan yang tepat

Bawa perlengkapan sesuai dengan kebutuhan destinasi yang kamu tuju. Jika kamu berencana pergi ke pantai, pastikan membawa pakaian renang, tabir surya, dan perlengkapan pantai lainnya.

Jika kamu berencana hiking, jangan lupa membawa sepatu yang nyaman, pakaian yang sesuai, dan perlengkapan keamanan. Packing  perlengkapan yang tepat akan menghindarkan Anda dari kerepotan saat liburan.

  1. Lakukan reservasi jauh sebelum waktu liburan

Untuk menghindari kekecewaan, pastikan kamu sudah mengurus tiket dan reservasi jauh-jauh hari. Baik itu tiket transportasi, tiket masuk ke tempat wisata, atau reservasi restoran, semuanya perlu dipersiapkan sebelumnya.

Dengan segala sesuatunya sudah di tangan, kamu bisa lebih tenang dan fokus menikmati liburan tanpa harus repot mencari tiket di menit-menit terakhir.

  1. Selalu siapkan kartu elektronik

Di era digital ini, kartu elektronik menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Sebab, banyak transaksi yang hanya bisa dilakukan dengan kartu elektronik, seperti membayar parkir, masuk transportasi umum, hingga membeli barang. 

Pastikan juga saldo kartu elektronik kamu mencukupi. Sebab, kehabisan saldo kartu elektronik bisa menghambat durasi perjalanan Anda. Agar tak perlu repot mengisi kartu elektronik di perjalanan, pastikan kartu elektronik bisa diisi lewat aplikasi perbankan.

Salah satu kartu elektronik yang bisa isi saldo lewat aplikasi perbankan adalah BRIZZI dari BRI. Adapun pengisian saldo BRIZZI bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo yang ada di ponsel kamu. Tata cara pengisiannya adalah sebagai berikut

  1. Login BRImo dan pilih "Top Up".
  2. Pilih "BRIZZI".
  3. Scan BRIZZI menggunakan NFC di smartphone.
  4. Masukkan nominal top up BRIZZI dan pilih sumber dana.
  5. Konfirmasi transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil.

Ada cara lain untuk mengisi saldo BRIZZI di BRImo, yakni dengan menggunakan fitur Fast Menu. Fitur ini memungkinkan kamu mengisi saldo lebih cepat tanpa perlu login. Berikut adalah cara top up BRIZZI lewat Fast Menu di BRImo

  1. Buka BRImo lalu pilih "BRIZZI" pada halaman awal.
  2. Scan BRIZZI menggunakan NFC di smartphone.
  3. Masukkan nominal top up BRIZZI dan pilih sumber dana.
  4. Konfirmasi transaksi dengan PIN dan transaksi berhasil.

Selain untuk mengisi saldo kartu BRIZZI, BRImo juga bisa dilakukan untuk berbagai transaksi keuangan selama liburan. Sebut saja, transfer dan melakukan pembayaran QRIS. 

Segera unduh aplikasi BRImo di Google Play Store, App Store, dan Huawei App Gallery untuk pengalaman bertransaksi selama liburan singkat yang praktis.

Itulah lima persiapan yang perlu kamu lakukan saat berlibur. Yuk, rencanakan liburanmu sekarang! 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com