Advertorial

Transaksi Sehari-hari Jadi Lebih Mudah, Ini 3 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Kompas.com - 23/06/2024, 21:03 WIB

KOMPAS.com – Sebagai salah satu alat pembayaran non-tunai dari lembaga perbankan, kartu kredit dapat mempermudah transaksi berbagai kebutuhan. Namun, penggunaan kartu kredit di kalangan masyarakat masih menuai pro dan kontra.

Tidak sedikit masyarakat yang membatasi penggunaan kartu kredit karena takut terlilit utang lantaran kartu kredit memiliki mekanisme seperti pinjaman.

Seperti diketahui, kartu kredit memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi di awal yang dibayarkan oleh bank. Setelah itu, nasabah harus membayar nominal yang sudah ditentukan setiap bulan ke bank yang bersangkutan.

Padahal, jika digunakan dengan bijak dan perhitungan yang baik, penggunaan kartu kredit untuk transaksi sehari-hari memiliki keuntungan tersendiri. Berikut adalah ulasannya.

  1. Kemudahan transaksi

Manfaat utama kartu kredit adalah membantu penggunanya untuk melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah dan cepat. Mulai dari beli tiket transportasi, belanja bulanan, hingga pembayaran tagihan, bisa dilakukan hanya dengan menggesek kartu kredit.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kartu kredit untuk berbagai jenis transaksi, baik online maupun offline, termasuk bertransaksi di luar negeri. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar atau mencari ATM untuk bertransaksi.

  1. Cicilan 0 persen

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (1/10/2023), kartu kredit umumnya memiliki fitur cicilan 0 persen. Skema cicilan ini memperbolehkan pengguna kartu kredit membeli barang dengan cara mengangsurnya per bulan, bahkan per tahun untuk melunasi total harga pembelian.

Fitur cicilan 0 persen tersebut juga memungkinkan angsuran dicicil tanpa ada bunga atau yang disebut bunga 0 persen.

Manfaat cicilan itu bisa digunakan untuk pembelian beragam jenis produk dari merchant yang telah bekerja sama dengan bank, mulai dari produk elektronik, perabot rumah tangga, hingga gadget.

  1. Point rewards

Sebagian besar kartu kredit memiliki program point rewards sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang kartu atas penggunaan kartu kredit. Poin kartu kredit ini bisa didapatkan setiap kali nasabah melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

Poin rewards itu dapat ditukarkan dengan bermacam keuntungan, mulai dari voucer belanja, diskon hotel, potongan harga di merchant tertentu, hingga bebas iuran tahunan.

Berbicara soal kartu kredit, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai penyedia layanan kartu kredit akan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, untuk menghadirkan sesuatu yang baru bagi nasabah setianya.

Seperti diketahui, BRI merupakan salah satu bank komersial terbesar milik pemerintah. Bank ini memiliki visi menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia dan Champion of Financial Inclusion.

Sementara itu, Samsung dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa dengan beragam produk yang telah mendunia.

Keduanya sama-sama punya prestasi gemilang dan masuk ke dalam The Most Valuable and Strongest Global Brands by Brand Finance Global 2024.

Penasaran dengan kolaborasi terbaru dari BRI dan Samsung? Tunggu kelanjutannya pada Selasa (25/6/2024).

Pantau terus akun Instagram BRI @bankbri_id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com