Advertorial

MenjajalLenovo Yoga Pro 7i 14IMH9, Laptop Serbabisa yang Siap Jadi Andalan Kreator Konten

Kompas.com - 25/06/2024, 16:30 WIB

KOMPAS.com – Di era digital, laptop canggih yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan komputasi kian dibutuhkan. Lenovo Yoga Pro 7i hadir sebagai solusi akan hal tersebut.

Dirancang khusus dengan beragam fitur unggulan, Lenovo Yoga Pro 7i menjanjikan pengalaman komputasi yang optimal, baik untuk bekerja maupun mengakses hiburan. Oleh karena itu, laptop tersebut digadang-gadang sebagai perangkat ideal untuk konten kreator, profesional yang terbiasa multitasking, pekerja kreatif, video editor, hingga pelajar.

Tim Kompas.com berkesempatan menjajal Lenovo Yoga Pro 7i dengan model 14IMH9. Salah satu daya tarik utama laptop ini adalah desainnya.

Dengan dimensi 31,2 cm x 22,1 cm x 1,49 cm, perangkat terasa ramping dan compact. Bobotnya pun tergolong ringan, yakni 1,49 kg, sehingga praktis dibawa bermobilitas.

Untuk bodi, Lenovo Yoga Pro 7i menggunakan material aluminium dengan bezel yang terbilang tipis. Desain ini menjadikannya terlihat mewah dan simpel sekaligus.

Desain laptop tersebut juga mampu menunjang penampilan saat dibawa untuk pitching proyek dengan calon klien atau sekadar bekerja di kafe. Apalagi, kehadiran tulisan “YOGA” pada muka perangkat semakin mempertegas kesan premiumnya.

Tidak hanya terlihat berkelas, bodi material Lenovo Yoga Pro 7i juga terbilang tangguh. Dikutip dari situs resmi Lenovo, laptop ini telah lolos 21 jenis uji daya tahan militer MIL-STD 810H yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS).

Pengujian tersebut mencakup ketinggian ekstrem, suhu, dan kelembapan. Sertifikasi Intel® Evo™ platform turut membuktikan laptop itu merupakan perangkat kelas atas dengan performa mumpuni dan ukuran ringan. 

Hinge atau engsel Lenovo Yoga Pro 7i juga kokoh. Tidak ada kesan ringkih saat engsel laptop diputar hingga 180 derajat. 

Teknologi Pure Sight Pro yang disematkan pada panel layar memberikan pengalaman visual yang menakjubkan. KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Teknologi Pure Sight Pro yang disematkan pada panel layar memberikan pengalaman visual yang menakjubkan.

Layar memukau

Bergeser di area layar, Lenovo Yoga Pro 7i dibekali panel OLED glossy dengan ukuran 14,5 inci dan aspek rasio 16:10. Panel layar ini memberikan ruang pandang yang lebih luas bagi pengguna, baik untuk bekerja maupun menikmati konten multimedia.

Teknologi Pure Sight Pro yang disematkan pada panel layar juga memberikan pengalaman visual yang menakjubkan. Pengguna bisa menikmati resolusi 3K.

Dukungan tingkat kecerahan 400 nits, color gamut 100 persen DCI-P3, serta Dolby Vision menambah ketajaman dan detail warna pada layar. Pengguna pun seakan melihat obyek pada layar seperti aslinya atau tampak begitu realistis.

Pengguna juga dimanjakan dengan transisi visual yang mulus atau smooth saat menggunakan Lenovo Yoga Pro 7i berkat refresh rate 120 Hz. Kemampuan ini sangat mendukung kinerja kreator konten dalam berkreasi.

Pengalaman pengguna semakin paripurna dengan kehadiran teknologi touchscreen pada layar Lenovo Yoga Pro 7i. Pengguna pun bisa secara langsung menyentuh layar untuk berpindah aplikasi atau menavigasikan laptop.

Selain itu, layar Lenovo Yoga Pro 7i sudah lolos sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light dan Eyesafe sehingga mata tetap nyaman, meski digunakan cukup lama. Saat tim Kompas.com menggunakan laptop ini untuk menulis beberapa artikel, layar laptop tidak membuat mata lelah atau perih.

Lenovo Yoga Pro 7i memiliki empat mikrofon yang dilengkapi dengan smart noise cancelling dan kamera 1080P untuk mendukung panggilan video atau konferensi daring. Kompas.com/HOTRIA MARIANA Lenovo Yoga Pro 7i memiliki empat mikrofon yang dilengkapi dengan smart noise cancelling dan kamera 1080P untuk mendukung panggilan video atau konferensi daring.

Audio lantang dan kamera jernih

Soal audio, Lenovo pun tidak setengah-setengah dalam memanjakan penggunanya. Lenovo Yoga Pro 7i dibekali empat speaker yang dipadukan teknologi Dolby Atmos. Perpaduan ini menghasilkan suara yang jernih, lantang, dan penuh dimensi. 

Di bagian atas layar, terdapat empat mikrofon yang dilengkapi dengan smart noise cancelling. Saat tim Kompas.com menggunakan Lenovo Yoga Pro 7i untuk video conference, fitur itu mampu meredam suara bising di sekitar dengan efektif sehingga suara pengguna tetap terdengar jelas.

Meski demikian, masih ada kemungkinan suara latar belakang dengan volume kecil terdengar di sisi lain.

Untuk mendukung panggilan video atau konferensi daring, Lenovo Yoga Pro 7i dilengkapi kamera 1080P @30 FPS dengan sensor InfraRed (IR), fixed focus, dan Time of Flight (TOF).

Dalam pengujian Kompas.com, kualitas kamera laptop tersebut sudah cukup baik untuk kebutuhan video call dan rapat daring.

Perpaduan sempurna performa dan kecerdasan buatan

Sebagai salah satu laptop flagship milik Lenovo, Yoga Pro 7i menghadirkan perpaduan luar biasa antara performa tinggi dan kecerdasan buatan yang canggih.

Dapur pacu laptop tersebut terdiri atas CPU Intel® Core™ Ultra 9 185H 16-core, GPU bawaan Intel® Core™ Arc, dan NPU bawaan Intel® Core™ AI Boost yang diperkuat dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 4060.

Lenovo Yoga Pro 7i juga dilengkapi dengan RAM 6 GB GDDR6 yang supercepat dan memori yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB, dual channel.

Dengan spesifikasi itu, Lenovo Yoga Pro 7i siap menangani berbagai tugas berat dengan lancar, seperti mengedit video, rendering 3D, dan desain grafis. Selain untuk produktivitas, laptop ini juga bisa memainkan game-game dalam resolusi full HD.

Kompas.com menjajal melakukan edit video sederhana di web aplikasi Canva. Tidak ada lagging seperti menggunakan laptop yang biasa dipakai. Saat membuka tab dalam jumlah banyak di browser dan sejumlah aplikasi sekaligus, tim Kompas.com juga tak menemui kendala.

Kinerja mulus Lenovo Yoga Pro 7i juga didukung dengan Teknologi Lenovo X Power dan mesin AI khusus baru di dalamnya, Lenovo AI Engine+. Teknologi ini membantu mengoptimalkan kinerja CPU dan GPU tanpa menguras daya baterai atau menghasilkan panas berlebih. Pengguna pun dapat berkreasi, menikmati hiburan, dan bekerja dengan lebih efisien.

Lenovo AI Engine+ juga membantu memudahkan berbagai pekerjaan-pekerjaan kreatif yang berat dan rumit. 

Penyimpanan data pun terjamin karena perangkat dilengkapi memori penyimpanan SSD PCIe 4.0 x4 M2 2280 NVMe berkapasitas hingga 1 TB. Solusi SSD ini menawarkan performa transfer rate tinggi guna mendongkrak performa secara keseluruhan dengan konsumsi daya yang sangat efisien.

Baterai tahan lama dan pengisian cepat

Baterai 73 Wh yang didukung Rapid Charge Express memberikan kenyamanan lebih saat menggunakan Lenovo Yoga Pro 7i. Saat diuji Kompas.com, pengisian baterai dari 8 persen ke 99 persen hanya memakan waktu 1 jam.

Selain itu, dengan sisa baterai 45 persen, perangkat dapat bertahan hingga lima jam untuk melakukan pengetikan dan browsing serta streaming dua video Youtube yang masing-masing berdurasi sekitar 5 menit. Hal ini memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Perangkat tersebut sudah didukung sistem termal baru dan lebih dengan desain yang sangat tipis. Sistem ini memastikan perangkat tetap dingin, meski digunakan untuk tugas berat dalam waktu lama.

Kompas.com pun merasakan sendiri kecanggihan sistem termal tersebut. Saat digunakan untuk bekerja dalam waktu lama, suhu panas tidak terasa sama sekali.

Untuk konektivitas dan ekspansi, Lenovo Yoga Pro 7i menyediakan berbagai port yang meliputi USB-C Thunderbolt 4, USB-C Full Function, HDMI 2.1, dan USB-A 3.2 Gen 1 (Always-On). Kombinasi ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal serta melakukan transfer data dengan cepat. 

Selain spesifikasi teknis yang impresif, Lenovo juga menawarkan layanan tambahan seperti Lenovo Premium Care dan Accidental Damage Protection selama 2 tahun.

Accidental Damage Protection adalah perlindungan menyeluruh yang diberikan Lenovo terhadap kerusakan perangkat yang tidak disengaja selama 2 tahun.

Dengan perlindungan tersebut, pengguna tidak perlu khawatir lagi jika laptop mengalami kerusakan akibat terjatuh, tertumpah air, atau kecelakaan lainnya. Lenovo akan menanggung 100 persen biaya perbaikannya, tanpa biaya tambahan.

Lebih menariknya lagi, Accidental Damage Protection bisa diklaim lebih dari satu kali selama masa berlaku.

Layanan tersebut memberikan jaminan perlindungan dan dukungan teknis yang siap 24/7 untuk memastikan pengguna mendapatkan bantuan kapan saja diperlukan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lenovo Yoga Pro 7i adalah pilihan ideal bagi kreator konten, pekerja profesional, dan pelajar yang membutuhkan perangkat serbabisa dengan performa tinggi.

Laptop tersebut menawarkan layar berkualitas tinggi, performa tangguh, sistem termal unggul, dan fitur-fitur AI yang meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Belum lagi, laptop tersebut bisa digunakan untuk memainkan game dalam resolusi full HD tanpa hambatan berarti.

Dengan bobot yang ringan dan kemampuan pengisian daya cepat, Lenovo Yoga Pro 7i memastikan penggunanya tetap produktif di mana saja dan kapan pun.

Jika Anda mencari laptop yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan multitasking dan kreasi konten, Lenovo Yoga Pro 7i adalah jawabannya!

Saat ini, Lenovo Yoga Pro 7i dijual dengan harga Rp 25.999.000. Anda bisa menemukan perangkat tersebut melalui situs resmi Lenovo dan sejumlah e-commerce

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau