Advertorial

Dear Orangtua, Ini Manfaat Menanamkan Kebiasaan Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 26/06/2024, 11:12 WIB

KOMPAS.com – Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, kebiasaan ini perlu ditanamkan sejak dini agar anak mengembangkan kebiasaan finansial yang baik dan akan bermanfaat sepanjang hidup anak.

Melalui menabung, orangtua juga dapat mengajarkan anak tentang konsep uang sejak dini. Dengan begitu, anak-anak dapat memiliki pemahaman bahwa uang merupakan sumber terbatas yang harus dikelola dengan baik.

Selain itu, pengenalan aktivitas menabung tetap bisa dilakukan karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak.

Lalu, apa saja manfaat mengajarkan menabung untuk tumbuh kembang anak? Berikut adalah ulasannya.

  1. Mengajarkan perbedaan kebutuhan dan keinginan

Penanaman dini kebiasaan menabung dapat digunakan untuk mengajarkan anak tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan. Pemahaman kedua hal ini merupakan salah satu aspek penting dalam literasi keuangan.

Lewat menabung, orangtua bisa mengajarkan bahwa uang perlu disimpan untuk membeli kebutuhan di masa mendatang, seperti membeli tas sekolah baru, daripada dibelanjakan untuk suatu keinginan, seperti membeli video game.

Selain itu, orangtua juga dapat memberikan pemahaman bahwa dengan menabung, anak-anak dapat meraih tujuan atau mimpi mereka.

  1. Menumbuhkan tanggung jawab dan kemandirian

Manfaat selanjutnya adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian. Menabung dapat mengajarkan anak cara mengatur uang yang dimiliki. Dengan demikian, anak pun belajar mengambil keputusan keuangan sendiri dan mengontrolnya di masa mendatang.

Kebiasaan menabung juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan bangga atas pencapaian finansial yang telah diraih.

Tak hanya itu, kebiasaan tersebut turut mengajarkan anak untuk menetapkan dan menggapai tujuan mereka. Sebagai contoh, dorong anak menabung agar anak bisa membeli tas yang dia mimpikan.

Dengan begitu, anak-anak dapat mengembangkan tekad yang kuat dan etos kerja yang dapat bermanfaat untuk masa depan mereka.

  1. Bekal menghadapi tantangan finansial di masa depan

Manfaat lain dari menabung untuk anak adalah memberikan bekal anak dalam menghadapi tantangan finansial saat mereka dewasa. Dengan belajar mengatur keuangan serta menabung sejak dini, anak dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan terkait finansial.

Pemahaman tersebut dapat membantu anak untuk mampu mengambil keputusan finansial yang bijak. Selain itu, anak juga dapat terhindar dari berbagai jebakan finansial yang sering terjadi, seperti utang atau pengeluaran berlebihan.

Dengan mengajarkan menabung, orangtua dapat membentuk fondasi finansial yang kuat pada anak yang akan bermanfaat untuk masa depan mereka.

Sediakan tempat menabung yang cocok untuk anak

Untuk mendukung kebiasaan menabung anak, orangtua dapat menyediakan rekening tabungan yang cocok untuk usianya.

Tabungan BRI Junio ditujukan khusus untuk anak-anak mulai dari usia 0-17 tahun.Dok. BRI Tabungan BRI Junio ditujukan khusus untuk anak-anak mulai dari usia 0-17 tahun.

Salah satu tabungan yang cocok untuk anak adalah Tabungan BRI Junio. Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik.

Tabungan BRI Junio dapat dimiliki oleh anak-anak mulai dari usia 0 sampai dengan 17 tahun dengan setoran awal yang terjangkau, yakni mulai dari Rp 100.000.

Pembukaan tabungan BRI Junio cukup mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui BRImo. Tabungan ini juga bebas biaya administrasi bulanan, biaya pemeliharaan kartu, dan biaya kartu.

Tabungan BRI Junio dilengkapi dengan Debit BRI Junio ber-chip dengan desain karakter khusus yang menarik untuk anak-anak. Desain kartu ini bisa menambah semangat anak untuk rajin menabung.

Tabungan BRI Junio juga terhubung dengan Tabungan BRI orangtua sehingga orangtua bisa memantau secara rutin melalui BRImo. BRImo sendiri tersedia di Google Play Store, App Store, atau Huawei AppGallery.

Keunggulan selanjutnya adalah Tabungan BRI Junio bisa digunakan untuk menabung secara berkesinambungan. Setelah anak berusia 17 tahun, tabungan anak masih bisa dilanjutkan dengan mengubah jenis rekening ke Tabungan BRI BritAma.

Pilihan lain, Tabungan BRI Junio juga bisa dikonversi menjadi Tabungan BRI BritAma Valas. Tabungan dalam mata uang asing ini menawarkan kemudahan transaksi dalam 10 jenis mata uang dengan nilai tukar yang kompetitif.

Tabungan BRI BritAma Valas cocok untuk orangtua yang ingin mempersiapkan pendidikan anak di luar negeri sejak dini.

Yuk, buka Tabungan BRI Junio sekarang via BRImo karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Tabungan BRI Junio, termasuk cara membuka tabungannya, silakan kunjungi laman bbri.id/junioxbrimo.

#TabunganAnak #TabunganBRIJunio #TabunganBRIPasBuatmu #BRImoMudahSerbaBisa

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau