Advertorial

Mana yang Lebih Baik, Beli iPhone Seri Lama atau Android Mid-level?

Kompas.com - 27/06/2024, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Bagi sebagian kalangan, menggunakan produk Apple menjadi prestisetersendiri. Saking pengin memiliki gawai besutan Apple, tak sedikit orang rela memanfaatkan layanan kredit HP tanpa uang muka untuk membeli iPhone second.

Pada dasarnya, membeli smartphone iPhone second bukan hal keliru. Bahkan, bisa dibilang salah satu cara tepat untuk mendapatkan ponsel pintar berkualitas.

Namun, menjadi masalah ketika Anda membeli produk iPhone seri lama demi sekadar memiliki produk Apple tanpa memahami kegunaannya untuk jangka panjang.

Misalnya, Anda berencana membeli iPhone, tetapi bujet yang dimiliki hanya bisa membeli iPhone XR. Meski HP ini dikabarkan masih mendapat update iOS 18, tetapi tidak sampai dua tahun diperkirakan sudah tidak bisa update iOS selanjutnya.

Ketimbang memaksakan diri membeli produk Apple seri lama, tak ada salahnya beralih membeli smartphone dengan operasi sistem Android.


Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, smartphone Android tak kalah apik untuk menunjang produktivitas, seperti Xiaomi 13T dan Samsung Galaxy A55. Dua ponsel pintar ini secara performa lebih bagus dibandingkan iPhone XR atau iPhone 11 sekalipun.

Dari sisi layar, Xiaomi 13T memiliki tampilan yang lebih jernih dengan Amoled 6,67 inchi, refresh rate 144 Hz, dan resolusi layar 1220 pixel x 2712 pixel. Fitur ini lebih unggul ketimbang iPhone 11 yang hanya dibekali IPS LCD dengan resolusi 828 pixel x 1792 pixel.

Tidak hanya itu, dari sisi baterai, Xiaomi 13T memiliki kapasitas jumbo sebesar 5.000 mAh dibandingkan iPhone 11 yang hanya memiliki baterai 3.110 mAh saja.

Berdasarkan tes uji benchmark dari Gig Bench 6, chipset A13 bionic dari iPhone masih unggul dari Dimensity 8.200 Ultra dari Xiaomi 13T. Artinya, iPhone dapat diandalkan untuk kebutuhan gaming dan multitasking.

Adapun chipset Xiaomi 13T lebih kecil, yaitu 4nm dengan RAM sebesar 12GB, sedangkan RAM iPhone 11 GB.

Selain itu, Xiaomi 13T juga sudah dilengkapi dengan cooling system terbaru sehingga bermain game berat, seperti Gensin Impact, terasa lebih stabil dan antilag.

Tak kalah menarik, smartphone mid-level seperti Xiaomi 13T juga dibekali kamera berkualitas besutan Leica. Jadi, untuk urusan foto dan merekam video, Xiaomi 13T dapat diandalkan.

Utamakan pemakaian jangka panjang

Dengan mempertimbangkan smartphone Android mid-level, bukan berarti iPhone seri lamatidak patut dibeli. Pasalnya, alasan membeli smartphone tak lain adalah untuk kebutuhan jangka panjang.

Namun, bila Anda tak ingin pindah ke lain hati, membeli iPhone Seri 13 adalah pilihan tepat karena dapat digunakan selama empat tahun ke depan, sama seperti Android mid-level.

Apalagi, jika Anda berencana membeli menggunakan metode kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo. Meski menawarkan bunga ringan mulai dari 1,99 persen per bulan dengan tenor hingga 24 bulan, Anda tentu tidak ingin HP yang Anda beli bermasalah. Padahal, cicilannya belum selesai.

Jika Anda ingin memanfaatkan layanan kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo, Anda bisa membawa pulang gadget impian pada berbagai merchant, baik di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, Erafone, iBox, maupun Digimap.

Yuk, download Kredivo sekarang dan dapatkan kesempatan limit hingga Rp 50 juta dengan mendaftarkan diri sebagai akun Premium Kredivo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com