Advertorial

Bupati Klaten Resmikan Rest Area dan Waterpark Desa Ngalas

Kompas.com - 27/06/2024, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani meresmikan rest area dan waterpark yang dibangun Pemerintah Desa (Pemdes) Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, dalam dengan agenda Sambang Warga, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan Sambang Warga dimulai dengan peninjauan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik warga Desa Ngalas dan Kecamatan Klaten Selatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog masyarakat serta penandatanganan prasasti Rest Area Ngalas Mulyo dan Waterpark Tirto Ngalas oleh Bupati Klaten.

“Pembangunan Rest Area Ngalas Mulyo dan Waterpark Tirto Ngalas merupakan upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan perekonomian masyarakat setempat,” ujar Kepala Desa Ngalas Edi Riyanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Fasilitas tersebut, lanjutnya, dilengkapi dengan sejumlah kios yang dapat dimanfaatkan UMKM lokal, serta dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lokasi istirahat bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Klaten.

Rest Area Ngalas Mulyo sendiri terletak di Jalan Jombor Indah yang merupakan jalur utama menuju area wisata Rawa Jombor dan sekitarnya. Lokasi ini dinilai strategis karena berada tidak jauh dari wilayah Kota Klaten.

“Pembangunan rest area dan waterpark ini juga merupakan salah satu bentuk penunjang kawasan wisata Desa Wisata Ngalas,” paparnya.

Sementara itu, Waterpark Tirto Ngalas sedang dalam tahap pembangunan di atas tanah kas desa setempat yang lokasinya sekitar 300 meter dari rest area. Waterpark tersebut akan dilengkapi dengan taman bermain anak serta kolam renang dewasa dan anak.

“Pembangunannya masih sekitar 50 persen dan menggunakan anggaran Pemdes Ngalas. Untuk sumber airnya menggunakan sumber air alami dari Sendang Jragung yang dialirkan melalui pipanisasi,” ungkapnya.

Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya terhadap Pemdes Ngalas atas pembangunan rest area dan waterpark. Menurutnya, upaya tersebut menjadi bukti kemandirian Pemdes dalam memajukan kawasan desa.

“Semoga kedepannya makin mempercantik wisata di Desa Ngalas. Tentunya Pemerintah Daerah (Pemda) harus hadir untuk ikut mendukung, salah satunya dengan dukungan anggaran agar sektor pariwisata semakin maju,” kata Sri Mulyani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com