Advertorial

Catat, Berikut 3 Negara yang Selalu Menggoda Wisatawan Indonesia untuk Berlibur

Kompas.com - 28/06/2024, 15:20 WIB

KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah perjalanan wisatawan nasional (wisnas) selama 2023 mencapai 7,52 juta perjalanan. Angka ini meningkat 112,26 persen ketimbang tahun sebelumnya yang tercatat ,54 juta perjalanan.

Berdasarkan negara tujuan wisnas pada 2023, negara-negara Asia Tenggara masih mendominasi dalam daftar 10 negara paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nasional dari Indonesia.

Meski demikian, wisnas juga menyasar sejumlah negara lain yang juga menawarkan destinasi menarik, baik dari sisi budaya dan tradisi, bentang alam, maupun modernitas.

Lantas, negara mana saja yang berhasil mencuri perhatian wisatawan Indonesia? Berikut adalah ulasannya.

  1. Bentang alam yang mengesankan di Australia

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat Australia dianugerahi sistem terumbu karang terbesar di dunia, yakni Great Barrier Reef yang indah.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke Uluru atau Ayers Rock yang merupakan formasi batu raksasa yang terletak di jantung Red Centre Australia. Tempat ini merupakan situs suci bagi suku Aborigin setempat serta menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

Jangan pula lewatkan menonton pertunjukan di Sydney Opera House atau berjalan melintasi jembatan Harbour Bridge untuk menikmati pemandangan kota yang spektakuler.

Bagi pencinta road trip, Great Ocean Road merupakan destinasi yang tepat untuk menikmati pengalaman perjalanan jalan raya paling indah di dunia. Rute ini menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan, hutan hujan yang rimbun, dan formasi batuan ikonik, seperti Twelve Apostles.

  1. Singapura, kota modern yang dinamis

Singapura dikenal sebagai negara yang rapi dan bersih dengan keragaman budaya.

Marina Bay Sands adalah salah satu landmark paling terkenal di Singapura. Kompleks ini memiliki hotel mewah, pusat perbelanjaan, kasino, dan SkyPark dengan kolam renang infinity yang menawarkan pemandangan menakjubkan kota.

Kemudian, ada pula taman futuristik Gardens by the Bay yang menampilkan Supertree Grove, Flower Dome, dan Cloud Forest. Tempat ini cocok untuk keluarga dan pencinta alam yang ingin melihat keanekaragaman tumbuhan dari seluruh dunia.

Jangan lupa pula bertandang ke surga bagi para pencinta belanja, Orchard Road. Kawasan pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai merek internasional dan lokal. Selain itu, Singapura juga terkenal dengan Orchard Road Christmas Light-Up spektakuler yang rutin digelar setiap tahun.

  1. Paduan apik tradisi dan modernitas di Jepang

Jepang dengan perpaduan tradisi dan modernitasnya menawarkan berbagai destinasi wisata yang unik dan menarik.

Sebagai kota yang tak pernah tidur, Tokyo hadir dengan perpaduan antara teknologi canggih dan budaya tradisional. Wisatawan dapat mengunjungi Distrik Shibuya yang terkenal dengan persimpangan tersibuk di dunia, menjelajahi kuil Senso-ji di Asakusa, dan menikmati pemandangan kota dari Tokyo Tower atau Tokyo Skytree.

Sementara di Kyoto, wisatawan dapat menikmati ribuan kuil dan taman tradisional, mulai dari Kuil Fushimi Inari dengan ribuan gerbang torii merah, Kuil Kinkaku-ji atau Paviliun Emas, dan Hutan Bambu Arashiyama yang menenangkan.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang memukau di Hokkaido. Pada musim dingin, resor ski, seperti Niseko, menjadi tujuan populer bagi para pencinta olahraga salju. Selama musim semi, bunga sakura di taman, seperti Goryokaku di Hakodate, menarik banyak wisatawan. Hokkaido juga terkenal dengan makanan lautnya yang segar dan lezat.

Itulah tiga negara yang selalu menggoda wisatawan untuk berlibur. Mulai dari bentang alam yang indah di Australia, modernitas Singapura, hingga tradisi dan modernitas di Jepang merupakan destinasi yang menakjubkan untuk dijelajahi.

Persiapan sebelum liburan ke luar negeri

Sebelum memulai perjalanan ke luar negeri, terdapat sejumlah hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah bujet selama berlibur.

Agar lebih ringan, kamu bisa mempersiapkan kebutuhan itu sejak jauh hari lewat investasi atau menabung valuta asing (valas). Terlebih, saat ini, kamu bisa memanfaatkan layanan perbankan, seperti D-Bank PRO dari Danamon.

Sebagai informasi, D-Bank PRO merupakan layanan mobile banking yang dapat diakses via aplikasi atau website dengan fitur lengkap yang #SelaluMenggoda. Fitur ini dapat dimanfaatkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan asuransi, transaksi, dan investasi, termasuk investasi valas.

D-Bank PRO Competitive FX Rate. Dok. Danamon D-Bank PRO Competitive FX Rate.

Dengan D-Bank PRO, nasabah bisa menabung 9 mata uang secara lebih mudah dari mana saja dan kapan pun dalam satu aplikasi. Jadi, saat hendak berlibur, kamu dapat mempersiapkan bujet dengan lebih baik.

Jika kamu ingin melakukan trading valas, D-Bank PRO juga menyediakan layanan transaksi valas pada trading hours dengan live rate kompetitif yang berani diadu. Kamu juga bisa memantau keadaan pasar melalui informasi yang dapat diakses selama trading hours secara mudah melalui layanan D-Bank PRO.

Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan rate yang kompetitif dengan kurs spesial Danamon yang di-update dari waktu ke waktu selama trading hours.

Menariknya, saat ini, D-Bank PRO tengah menghadirkan program Adu Rate. Lewat program ini, D-Bank PRO memberikan biaya penggantian sebesar 5 kali lipat selisih kurs jika nasabah menemukan rate yang lebih kompetitif. Program ini berlaku hingga 31 Desember 2024.

Selain fitur tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan fitur transfer mata uang asing ke bank lain (remittance), baik domestik maupun internasional. Kemudian, ada pula pemesanan bank notes untuk tukar mata uang asing.

Dengan berbagai fitur-fitur #SelaluMenggoda dari D-Bank PRO, wisatawan pun dapat liburan aman dan tetap smart spending.

Informasi lengkap mengenai program D-Bank PRO Competitive FX Rate bisa ditemukan pada laman bdi.co.id/adurate.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com