Advertorial

LG Luncurkan 98QNED89, TV Layar Ultrabesar dengan Teknologi Quantum Dot dan NanoCell

Kompas.com - 01/07/2024, 10:31 WIB

KOMPAS.com – LG Electronics Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk menghadirkan produk inovatif seperti yang dijanjikan pada Consumer Electronics Show 2024 dengan meluncurkan TV premium terbarunya, 98QNED89.

Dengan layar seluas 98 inci, LG 98QNED89 menghadirkan perpaduan teknologi terkini yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pencinta film dan gaming.

Product Director Home Entertainment LG Electronics Indonesia Park Jae Il mengatakan, kolaborasi teknologi pada TV QNED terbaru itu merupakan puncak baru dalam TV LED premium.

Nama QNED sendiri mencerminkan dua teknologi utama yang digunakan, yaitu Quantum Dot dan NanoCell (emitting diode).

Adapun Quantum Dot merupakan inovasi terbaru dalam panel TV LED yang bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal dan memanfaatkan tiga sumber cahaya untuk menghasilkan warna dasar berbeda. Teknologi ini memberikan reproduksi cahaya yang lebih baik dengan kontras lebih tinggi.

Sementara, teknologi NanoCell berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang yang dihasilkan oleh panel LED berbasis Quantum Dot. Hasilnya, spektrum warna pada layar menjadi lebih luas, lebih terang, dengan kedalaman warna yang lebih dramatis.

LG menggabungkan Quantum Dot dengan teknologi NanoCell miliknya sendiri yang berupa lapisan nanopartikel ekstra pada panel LED.

Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia Vincent Martana Wenas menjelaskan, penggabungan kedua teknologi itu memungkinkan LG 98QNED89 menghasilkan visual dengan kualitas tinggi meskipun dalam layar ultrabesar.

Prosesor berbasis kecerdasan buatan

Keistimewaan LG 98QNED89 tidak hanya terletak pada teknologi layar, tetapi juga prosesor berbasis kecerdasan buatan, LG α8 AI Processor.

Prosesor tersebut memberikan peningkatan performa AI hingga 1,3 kali lipat, performa grafis hingga 2,3 kali lipat, dan kecepatan proses hingga 1,6 kali lipat jika dibandingkan pendahulunya. Dengan berbagai kelebihan ini, peningkatan pada visual dan sektor audio TV LG 98QNED89 sangat terasa.

Selain itu, LG 98QNED89 juga didukung sejumlah fitur yang membuat hasil gambar semakin memukau.

Pertama, AI Picture Pro yang memiliki kemampuan deep learning. Hal ini menjadikan gambar pada TV tersebut tidak hanya berkualitas lebih tinggi, tapi juga kaya akan tekstur dan detail.

Kedua, Dynamic Tone Mapping Pro. Fitur ini bekerja untuk mengoptimalkan kualitas gambar dengan analisis real-time.

Ketiga, Personalized Picture Wizard yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi kualitas gambar sesuai preferensi.

Keempat, AI Super Upscaling 4K yang mampu meningkatkan kualitas gambar non-4K ke nuansa 4K.

Di sektor audio, LG 98QNED89 memiliki AI Sound Pro. Ini adalah fitur yang memberikan kualitas audio 9.1.2 surround sound secara virtual. Ada pula fitur WOW Orchestra untuk mempermudah pengguna ketika ingin menghubungkan sound bar LG guna mendapatkan pengalaman audio 3D.

Bagi pencinta gaming, LG 98QNED89 menawarkan pengalaman gaming yang mengesankan tanpa blur berkat kemampuan refresh rate 120Hz dan fitur Motion Pro.

Sementara, bagi penggemar olahraga, LG menyematkan fitur Sport Portal yang memberikan jadwal pertandingan terkini dan notifikasi langsung di layar TV. Ini artinya, pengguna tidak akan ketinggalan kabar terbaru dari tim olahraga favorit.

Bahkan, pengguna dapat mendaftarkan sembilan cabang olahraga yang disukai dan 20 tim di dalamnya untuk menerima jadwal pertandingan masing-masing tim.

“TV pun bakal memberikan notifikasi bila tim favorit yang didaftarkan akan atau tengah bertanding, seperti perubahan poin yang didapat dan hasil akhir pertandingan. Hal ini membuat pengguna tidak akan tertinggal kabar terkini tim favoritnya, meskipun tengah melakukan aktivitas lain dengan TV LG QNED ini,” terang Park.

Platform smart TV dengan webOS terbaru

Untuk menunjang kenyamanan, LG 98QNED89 dilengkapi dengan versi terbaru webOS sebagai platform smart TV. Pengguna dapat membuat profil khusus yang disesuaikan dengan pengalaman penggunaan sebelumnya.

Tambahan fitur Dynamic Q Card memudahkan pengguna membagi menu TV dalam berbagai kategori, seperti Home Office, Home Hub, Sports, dan Game. TV ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast, membuka peluang lebih luas bagi pengguna untuk menikmati konten dari berbagai sumber.

Lebih istimewa lagi, LG melengkapi TV tersebut dengan program webOS Re: New. Program ini memungkinkan pengguna mendapatkan peningkatan versi webOS hingga lima tahun mendatang.

“Puncak pada teknologi visual dan audio dengan dukungan kepintaran serta kenyamanan lebih yang ditawarkannya, menjadikan LG 98QNED89 sebagai pilihan utama bagi TV premium berbasis LED dengan layar ultra besar di Indonesia,” ucap Park.

Sebagai informasi, LG 98QNED89 telah dijual secara pre-order pada 11-23 Juni 2024 melalui situs web www.lg.com/id. Pada periode ini, TV tersebut dijual seharga Rp 62.999.000 dengan berbagai penawaran istimewa.

Penawaran spesial itu salah satunya, gratis 1 unit TV LG StanbyME setiap pembelian 1 unit LG 98QNED98.

Selain itu, LG juga mempersiapkan program pre-order menarik lainnya melalui situs web jaringan toko Hartono Elektronik dan Electronic City.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com