Kabar pos

PosIND Kenalkan Aplikasi Pospay dan Prangko Prisma di PLN Mobile Color Run 2024

Kompas.com - 01/07/2024, 16:04 WIB

KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) mendukung perhelatan PLN Mobile Color Run 2024 yang digelar PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Surabaya, Jawa Timur.

Pada acara tersebut, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikenal dengan jenama PosIND itu turut memperkenalkan aplikasi Pospay dan Prangko Identitas Milik Anda (Prisma) kepada masyarakat.

"Sesama BUMN terjalin sinergi antara PLN dan PT Pos. Kerja sama ini sudah lama terjalin sejak 2008, antara lain terkait pembayaran berbagai tagihan-tagihan listrik, pembelian token listrik, termasuk semua dokumen, serta barang-barang dari PLN kami yang handle untuk pengiriman ke seluruh Indonesia," ujar Executive General Manager (EGM) KCU Pos Indonesia Surabaya Tri Aulad dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (1/7/2024).

Tri menjelaskan, dengan kerja sama tersebut, pihaknya ingin lebih memperkenalkan tentang layanan Pos yang ada di Indonesia kepada masyarakat.

Salah satunya, aplikasi Pospay yang merupakan platform atau kanal digital berbasis rekening Giro Pos yang diberikan kepada pelanggan.

Lewat aplikasi Pospay, lanjut Tri, pelanggan dapat mengakses layanan transaksi keuangan ataupun layanan Pos Indonesia lainnya secara mandiri melalui smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

"Selain Pospay, ada pula Prangko Prisma. Masyarakat tahu bahwa prangko tidak lagi hanya foto Presiden atau foto tematik yang ditetapkan oleh pemerintah, tetapi juga bisa foto-foto personal. Prangko ini bisa dibeli di kantor pos ataupun sejumlah tempat yang sudah kami sediakan," jelas Tri.

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui Prangko Prisma. Hal ini karena banyak masyarakat yang sudah jarang menggunakan prangko untuk melakukan pengiriman.

-Dok. Pos Indonesia -

Padahal, prangko tak hanya digunakan untuk pengiriman barang atau dokumen, tetapi juga dapat dijadikan sebagai koleksi pribadi karena memiliki nilai seni.

"Sebagian besar masyarakat enggak tahu bahwa foto pribadi, baik foto anak atau siapa pun anggota keluarganya, bisa dimasukkan dalam prangko. Jadi, kami sengaja memperkenalkan kembali Prangko Prisma agar masyarakat lebih tahu. Kami promosi kepada masyarakat untuk memperkenalkan lebih banyak lagi bahwa kami Pos Indonesia punya Pospay dan Prangko Prisma," kata Tri.

Tri menambahkan, dengan menggunakan Pospay, masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi, mulai dari pengiriman barang, melakukan pembayaran, tagihan listrik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), token listrik, pulsa, paket data, hingga bayar cicilan kendaraan.

Tidak hanya itu, aplikasi Pospay juga dapat digunakan untuk membayar premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan pajak.

"Cukup dari rumah bisa melakukan berbagai transaksi. Kami mencoba lebih aktif agar masyarakat semakin tahu berbagai layanan Pos. Kalau generasi milenial kan sekarang sudah banyak lupa Pos Indonesia. Apalagi, generasi Z sudah jarang ke kantor pos," kata Tri.

Memasuki usia ke-278, imbuh Tri, Pos Indonesia sudah memiliki aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai transaksi.

Menurutnya, banyak masyarakat yang antusias dan bertanya tentang aplikasi Pospay dan Prangko Prisma.

Tri berharap, masyarakat bisa lebih mengenal layanan-layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

"Saat di booth banyak masyarakat yang bertanya mungkin karena baru tahu. Jadi banyak yang hanya bertanya ataupun mencoba membuat Prangko Prisma di booth yang kami siapkan tadi. Kami berharap masyarakat makin lebih banyak lagi mengenal layanan-layanan pos, baik yang disediakan di kantor pos ataupun aplikasi PosPay," imbuhnya.

Untuk itu, PosIND memperkenalkan produk-produk layanan pos melalui berbagai acara, baik yang diselenggarakan Pos Indonesia maupun BUMN lain.

Salah satunya, dengan membuka stan khusus yang memperkenalkan Pospay dan Prangko Prisma dalam gelaran PLN Color Run 2024.

"Selama ini, Pos hanya diketahui untuk pengiriman surat atau pakai prangko. Masyarakat banyak tidak tahu itu bahwa Pos juga bisa melakukan berbagai transaksi melalui aplikasi Pospay yang bisa diakses melalui smartphone. Ini yang kami coba tawarkan kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui deretan produk besutan Pos Indonesia," jelasnya.

Salah satu peserta lari PLN Color Run 2024, Sasa, menjajal aplikasi Pospay dan Prangko Prisma di stan yang disediakan PosIND.

Ia pun mengaku bahwa selama ini hanya mengetahui prangko sebagai alat pengiriman yang disediakan PosIND.

"(Ternyata), bisa custom prangko pakai foto sendiri, foto selfie, dan foto lama juga bisa. Selama ini, hanya tahu prangko cuma ditempel, ternyata bisa custom. Satu frame dapat empat prangko, itu sah jadi bisa digunakan untuk kirim-kirim ataupun suvenir," kata Sasa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com