Advertorial

4 Cara agar Anak Makin Antusias Memasuki Tahun Ajaran Baru

Kompas.com - 02/07/2024, 14:46 WIB

KOMPAS.com – Tahun ajaran baru merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh anak-anak setiap tahunnya. Setelah menikmati liburan panjang, kembali ke sekolah berarti bertemu lagi dengan teman-teman, guru-guru, dan memulai petualangan belajar yang baru.

Semangat dan antusiasme anak-anak dalam menyambut tahun ajaran baru sering kali membuat suasana menjadi lebih hidup dan penuh energi.

Tidak hanya bertemu kembali dengan teman lama, tahun ajaran baru juga menghadirkan kesempatan untuk menemukan teman baru dan mengalami berbagai kegiatan seru di sekolah, mulai dari pelajaran yang menarik hingga aktivitas ekstrakurikuler yang menyenangkan.

Agar si kecil semakin antusias dalam memasuki tahun ajaran baru, orangtua bisa menerapkan empat hal ini.

  1. Persiapkan perlengkapan sekolah

Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan orangtua adalah mengajak si kecil untuk mempersiapkan perlengkapan sekolah.

Sebelum tahun ajaran baru dimulai, tak ada salahnya Anda mengajak mereka membeli sejumlah hal yang diperlukan, seperti seragam, sepatu, tas, dan alat tulis sebelum tahun ajaran dimulai.

Dengan melibatkan anak dalam mempersiapkan perlengkapan sekolah, mereka merasa lebih bersemangat dan memiliki kontrol terhadap apa yang mereka gunakan. Anak pun akan merasa lebih siap karena semua keperluan mereka sudah lengkap.

  1. Buat jadwal harian yang konsisten

Membuat jadwal harian yang konsisten sangat penting untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan rutinitas sekolah. Salah satunya, mulai membiasakan anak tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Hal itu akan membantu mereka merasa lebih segar dan siap menghadapi hari-hari sekolah. Selain itu, Anda juga bisa membuat jadwal untuk kegiatan harian lainnya, seperti waktu makan, bermain, dan belajar.

Dengan jadwal yang teratur, anak akan belajar mengatur waktu mereka dengan baik dan tidak merasa kewalahan dengan berbagai aktivitas.

  1. Ciptakan lingkungan belajar yang mendukung

Lingkungan belajar yang baik di rumah sangat penting dalam menentukan keberhasilan akademik anak. Adapun lingkungan belajar yang mendukung tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga suasana emosional di rumah.

Untuk itu, pastikan anak memiliki ruang belajar yang nyaman dan bebas dari gangguan. Setidaknya, sediakan meja, kursi, dan perlengkapan belajar yang memadai.

Selain itu, atur pula ruang belajar anak di tempat yang cukup terang dan memiliki ventilasi yang baik. Pastikan ruang tersebut bebas dari kebisingan agar anak bisa berkonsentrasi dengan baik.

  1. Ajak anak menabung

Selain belajar di sekolah, tahun ajaran baru merupakan awal yang baru pula bagi si kecil untuk memulai hal baru. Salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan adalah mengajarkan anak untuk mulai menabung.

Memasuki tahun ajaran baru yang penuh semangat, Anda dapat mengajak mereka untuk disiplin menabung. Tak hanya menjadi ajang belajar disiplin, menabung sejak dini dapat membantu mereka mewujudkan hal-hal yang mereka inginkan. Misalnya, liburan dan membeli sepeda.

Agar kegiatan menabung lebih menarik, ajak si kecil menabung di lembaga keuangan resmi seperti perbankan. Hal ini menjadi pengalaman berkesan bagi mereka karena dapat belajar mengenal sistem perbankan serta menggunakan fitur-fitur menarik aplikasi perbankan.

Salah satu produk tabungan yang dapat dipilih untuk anak adalah Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

-Dok. BRI -

Untuk diketahui, Tabungan BRI Junio merupakan tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Khusus nasabah dengan umur kurang dari 12 tahun, Tabungan BRI Junio tidak mengenakan biaya administrasi bulanan.

Tabungan BRI Junio memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur Tabungan BRI Junio Rencana.

Selain itu, Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan Debit BRI ber-chip dengan desain karakter khusus. Dengan begitu, anak-anak jadi makin semangat menabung.

Cara membuka rekening Tabungan BRI Junio pun mudah lantaran bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik. Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Anda juga dapat mengajak si kecil memantau Tabungan BRI Junio secara berkala lewat aplikasi BRImo.

Yuk, unduh BRImo sekarang di Google Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan bagi buah hati. Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan sat set karena #BRImoMudahSerbaBisa.

#TabunganBRIPasBuatmu #TabunganAnak #TabunganBRI #TabunganBRIJunio #BRImoMudahSerbaBisa

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com