Advertorial

Harumkan Indonesia di Sektor Keuangan, BRI Raih Sederet Penghargaan Internasional Sepanjang Juni 2024

Kompas.com - 02/07/2024, 15:11 WIB

 

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) terus mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional lewat berbagai pengakuan dan penghargaan.

Selama Juni 2024, BRI meraih setidaknya tiga penghargaan bergengsi dan kredibel di tingkat global.

Pertama, BRI kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dalam daftar Forbes Global 2000 Tahun 2024. Penghargaan ini disampaikan pada Kamis (13/6/2024).

Mengutip situs resmi Forbes Internasional, dari 2.000 perusahaan global yang terdaftar, terdapat sembilan perusahaan dari Indonesia, dengan BRI menempati peringkat teratas.

BRI berada pada peringkat 308, melampaui perusahaan-perusahaan multinasional, seperti Starbucks, Renault, Nissan Motor, dan Uber.

Forbes juga mencatat bahwa BRI memiliki nilai penjualan sebesar 14,95 miliar dollar Amerika Serikat (AS), laba 3,6 miliar dollar AS, aset sebesar 125,45 miliar dollar AS, dan nilai pasar sebesar 46,5 miliar dollar AS.

Kedua, BRI meraih posisi sebagai institusi keuangan teratas di Indonesia dan peringkat keempat di Asia Tenggara kategori finansial dalam daftar Fortune Southeast Asia 500.

Apresiasi untuk BRI tersebut diumumkan oleh media ekonomi terkemuka dunia, Fortune, pada Selasa (18/6/2024).

Daftar Fortune Southeast Asia 500 mencakup 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan pendapatan, keuntungan, dan aset.

Pemeringkatan tersebut mencakup perusahaan-perusahaan dari tujuh negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja.

Indonesia memimpin dengan 110 perusahaan, disusul oleh Thailand (107 perusahaan), Malaysia (89 perusahaan), dan Singapura (84 perusahaan).

Vietnam tercatat dengan 70 perusahaan, Filipina dengan 38 perusahaan, dan Kamboja dengan dua perusahaan.

Secara keseluruhan, BRI menempati peringkat 15 dari 500 perusahaan yang terdaftar. Menurut informasi dari situs website Fortune, BRI mencatatkan pendapatan sebesar 14,9 miliar dollar AS, keuntungan sebesar 3,9 miliar dollar AS, dan aset sebesar 127,6 miliar dollar AS.

Penghargaan ketiga yang diperoleh BRI adalah The Best CEO oleh Finance Asia kepada Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso.

Penghargaan itu diumumkan pada ajang The Finance Asia Awards and Asia’s Best Companies Poll Gala Dinner 2024 di Hong Kong, Kamis (27/6/2024).

Menutup Juni 2024, BRI meraih 11 penghargaan dari Finance Asia. Dari penghargaan yang diterima BRI, tujuh di antaranya diperoleh dari kategori Asia’s Best Companies dan empat lainnya dari kategori FinanceAsia Awards.

Dalam kategori Asia’s Best Companies, BRI mendapatkan Best CEO (gold) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, Best Managed Company (gold), Best Investor Relations (gold), Best CFO (silver) untuk Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu, Most Committed to DEI (silver), Most Committed to ESG (silver), dan Best Large Cap Company (bronze).

Sementara itu, dalam kategori FinanceAsia Awards, BRI meraih Best Bank For Financial Inclusion (winner), Best Commercial Bank – SMEs (winner), Best Sustainable Bank (highly commended), dan Most Innovative Technology (highly commended).

Hasil dari komitmen BRI

Pada kesempatan tersebut, Dirut BRI Sunarso menegaskan bahwa semua penghargaan yang diperoleh BRI merupakan hasil dari komitmen perusahaan dalam menciptakan nilai ekonomi dan sosial, dengan fokus yang terus-menerus pada pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Penghargaan tersebut kami persembahkan kepada lebih dari 110.000 insan BRILian (karyawan BRI) yang telah menunjukkan komitmen dan dedikasi yang luar biasa, sehingga BRI dapat terus berperan dalam perekonomian Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/7/2024).

“Kami juga mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, atas semangat perjuangan dan ketahanan mereka di tengah tantangan yang tidak mudah,” sambung Sunarso.

Sunarso menambahkan, di tengah ketidakpastian ekonomi global dan era suku bunga tinggi, kesuksesan BRI dalam meraih pengakuan dari Forbes, Fortune, dan Finance Asia membuktikan bahwa komunitas internasional mengakui dan mengapresiasi respons strategis yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan.

“Hal tersebut terbukti menjadi landasan dalam pencapaian kinerja positif bagi BRI, yang kini menjadi pemimpin di industri perbankan Indonesia, serta semakin meningkatkan pengaruhnya dalam industri keuangan regional dan global,” tutur Sunarso.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com