Advertorial

Konser Musik dan Produk Unggulan dari 72 IKM Meriahkan Festival IKM Klaten 2024

Kompas.com - 05/07/2024, 11:24 WIB

KOMPAS.com – Perhelatan Festival IKM 2024 di Alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, resmi dibuka pada Kamis (4/7/2024). Festival ini diselenggarakan hingga Sabtu (6/7/2024).

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten Sri Mulyani. Selain itu, acara pembukaan turut dimeriahkan oleh penampilan dari grup band Ngatmobilung.

Bertajuk “Klaten Gumbregah”, Festival IKM 2024 menjadi ajang pameran produk-produk unggulan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Klaten. Acara ini juga menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-220 Kabupaten Klaten.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam mendukung IKM lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Klaten. Dengan begitu, dapat membuka dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat,” papar Sri Mulyani dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Melalui kegiatan tersebut, Sri Mulyani berharap, produk IKM lokal semakin dikenal oleh masyarakat Kabupaten Klaten ataupun di luar Kabupaten Klaten. Ia juga berharap, banyaknya kegiatan pameran yang diselenggarakan turut disertai peningkatan kualitas produk oleh pelaku IKM.

“Harapan kami, (kualitas) produk IKM lokal semakin meningkat sehingga dapat menembus pasar domestik ataupun internasional,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten Lusiana Rina Damayanti menjelaskan, Festival IKM 2024 diikuti oleh 72 pelaku usaha dari berbagai daerah di Kabupaten Klaten.

Para pelaku usaha tersebut mewakili 8 kluster industri unggulan di Kabupaten Klaten, yaitu batik, lurik, konveksi, logam, olahan makanan, kerajinan tangan, mebel, dan gerabah.

“Festival ini digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke-220 Kabupaten Klaten dan sekaligus mengenalkan keragaman potensi daerah dari klaster industri unggulan di Kabupaten Klaten,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com