Advertorial

Tingkatkan Efektivitas Implementasi Tata Nilai AKHLAK, Jasa Marga Gelar AKHLAK Festival 2024

Kompas.com - 06/07/2024, 12:19 WIB

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar AKHLAK Festival 2024 untuk memperingati empat tahun implementasi tata nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK),

Tak sekadar wujud komitmen perusahaan dalam meningkatkan nilai-nilai etika dan kinerja, festival tersebut juga sebagai refleksi perayaan ulang tahun keempat AKHLAK yang menjadi pilar strategis dalam pengelolaan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Adapun rangkaian AKHLAK Festival 2024 yang digelar Jasa Marga dimulai dengan Lomba Jasa Marga Impactful AKHLAK Program (JM ImAP).

Perlombaan JM ImAP dilaksanakan untuk menilai kinerja dan efektivitas program budaya AKHLAK di seluruh unit kerja, termasuk wilayah dan area operasional di lingkungan Jasa Marga Group yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Motivation Culture, Capability Culture, dan Engagement Culture.

Selain itu, Jasa Marga juga turut membekali awareness implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) kepada commander AKHLAK Jasa Marga Group.

Para commander tersebut merupakan change agent atau agen perubahan pada setiap unit kerja, regional, dan anak perusahaan.

Hal tersebut ditandai dengan digelarnya forum AKHLAK Commander dan sharing session mengenai ESG pada Selasa (2/7/2024) yang dihadiri Direktur Human Capital and Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A B dan Supervisor (SVP) Sustainability PT Surveyor Indonesia Martinus Nata.

Kemudian, acara dilanjutkan pada Rabu (3/7/2024) sebagai acara puncak AKHLAK Festival 2024, yaitu Town Hall Meeting #9 AKHLAK for Leaders yang bertajuk “Cultivating Harmony for Performance Enhancement”.

Tema tersebut selaras dengan topik dari Kementerian BUMN “AKHLAK sebagai pondasi BUMN untuk Pertumbuhan Kinerja Berkelanjutan dan Pelayanan yang Semakin Baik”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara Kementerian BUMN Muhammad Rizal Kamal dan Komisaris Utama (Komut) Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah.

Selain itu, hadir pula jajaran Direksi Jasa Marga, yaitu Direktur Human Capital and Transformasi Jasa Marga, Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Pengembangan Usaha M Agus Setiawan, Direktur Bisnis Reza Febriano, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani, para AKHLAK Leader yang merupakan BOD-1 dan BOD-2 di lingkungan Jasa Marga Group, para Commander AKHLAK, serta Roadster Jasa Marga.

Pada kesempatan tersebut, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, tata nilai AKHLAK merupakan salah satu pijakan dalam memastikan keberlanjutan perusahaan yang lebih baik lagi ke depannya.

“Narasumber yang hadir di Town Hall Meeting AKHLAK for Leaders memberikan inspirasi, terutama dalam menanamkan nilai-nilai yang baik suatu organisasi. Hal tersebut untuk menciptakan keselarasan dan juga lingkungan yang harmonis sehingga dapat mendorong kita dalam memberikan kinerja terbaik,” ujar Fatah dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/7/2024).

Pada kesempatan sama, Bagus mengungkapkan, tata nilai AKHLAK merupakan pilar pembangunan karakter sebuah organisasi.

Ia pun berpesan kepada para AKHLAK Leaders, Commander AKHLAK, dan Roadster untuk menjunjung tinggi tata nilai AKHLAK, serta menjadi pondasi berkinerja lebih baik bagi perusahaan.

“Tema acara kali ini sesuai dengan tata nilai AKHLAK, yakni Harmonis untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan penghargaan terhadap perbedaan, serta Kolaboratif untuk bisa bekerja sama secara sinergis antar-Roadster Jasa Marga,” ungkap Bagus.

Sementara itu, Muhammad Rizal Kamal, mengatakan, tata nilai AKHLAK menjadi pondasi untuk kinerja perusahaan yang berkelanjutan serta pelayanan yang lebih baik.

Menurutnya, perusahaan berkelanjutan memperhatikan tiga hal penting, yakni values, sistem, dan kepemimpinan.

“Kami berharap, tata nilai AKHLAK dapat semakin diinternalisasi dengan baik, diamalkan, dan dilaksanakan untuk pekerjaan sehari-hari. Jangan lupakan peran pemimpin yang juga penting sehingga bisa menjadi panutan yang baik di lingkungan kerjanya,” kata Muhammad.

Dalam kegiatan AKHLAK Festival 2024, Jasa Marga juga menggelar seremoni komitmen kebijakan ESG dan peluncuran Sportivo sebagai implementasi Employee Well-being Jasa Marga.

Rangkaian acara AKHLAK Festival 2024 pun diharapkan mampu memberikan energi positif dalam implementasi program budaya AKHLAK yang berdampak terhadap perilaku (behaviour) dan keberlanjutan perusahaan.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau