Advertorial

iQOO Z9, HP Rp 4 Jutaan yang Bawa 3 Keunggulan untuk Tingkatkan Performa Main Game

Kompas.com - 06/07/2024, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Jenama iQOO—submerek dari vivo yang fokus pada smartphone berperforma tinggi—resmi meluncurkan smartphone terbarunya iQOO Z9 pada Mei 2024. Kehadiran smartphone ini memberikan pilihan bagi pengguna yang menginginkan gadget berperforma tinggi, termasuk untuk bermain game.

Meski masuk kelas mid-range, iQOO Z9 membawa sejumlah keunggulan yang dapat memberikan pengalaman gaming lebih baik di antara ponsel sekelas.

Tiga keunggulan yang paling signifikan adalah chipset Snapdragon 7 Gen 3, sistem pendingin vapor chamber (VC) 6K, dan layar AMOLED Ultra Smooth 144 Hz.

Untuk mengetahui lebih detail soal keunggulan iQOO Z9, simak ulasan berikut.

  1. Prosesor canggih untuk gaming mulus

Seperti disebut sebelumnya, iQOO Z9 ditenagai system-on-a-chip (SoC) Snapdragon 7 Gen 3 dari Qualcomm.

Qualcomm menyebutkan, chipset yang memiliki skor AnTuTu 824.476 tersebut menawarkan peningkatan kinerja central processing unit (CPU) hampir 15 persen dan lonjakan kinerja graphics processing unit (GPU) lebih dari 50 persen ketimbang generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 7 Gen 1. Chipset ini juga menawarkan penghematan daya 20 persen lebih baik.

Snapdragon 7 Gen 3 mampu memproses data dengan cepat untuk multitasking yang mulus. Pengguna juga bisa bermain game tanpa mengalami tanpa lag.

Berdasarkan pengujian, iQOO Z9 yang dibekali Snapdragon 7 Gen 3 mampu memainkan Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang dengan mulus.

Pengguna juga dapat memproses game dan aplikasi obrolan suara serta merencanakan strategi dengan tim secara real-time dengan lancar.

  1. Tahan lama bermain game

Chipset tersebut didukung baterai 6.000 mAh Ultra Thin Graphite Battery. Meski baterainya berkapasitas jumbo, iQOO Z9 tetap memiliki bodi yang ramping.

Dengan baterai ini, pengguna bisa bermain game, menikmati hiburan, serta aktivitas multimedia selama berjam-jam.

Berdasarkan pengujian internal, iQOO Z9 mampu memainkan game berat hingga 8 jam. Jumlah ini meningkat 2 jam ketimbang seri iQOO Z7 yang dirilis pada tahun lalu.

Dengan daya tahan tersebut, iQOO Z9 bisa diandalkan untuk bermain Genshin Impact selama berjam-jam. Seperti diketahui, game ini menjadi salah satu benchmark untuk mengukur kemampuan dan ketahanan performance smartphone.

iQOO Z9 memiliki bodi ramping.DOK. iQOO iQOO Z9 memiliki bodi ramping.

Selain bermain game, iQOO Z9 juga cocok untuk pembuatan konten serta berselancar di media sosial. Smartphone ini mampu menjelajahi dan menikmati konten media sosial selama 13 jam dan video playback 22 jam.

iQOO Z9 juga sudah dibekali dengan fast charging 80 W. Hanya dengan mengisi daya 15 menit, pengguna bisa menonton video selama 6 jam.

Meski digunakan berjam-jam, pengguna tidak perlu khawatir iQOO Z9 mengalami penurunan performa akibat panas berlebih atau overheat. Pasalnya, smartphone ini sudah dibekali sistem pendingin 6K VC area pendingin seluas 6.043 mm². Sistem pendingin ini juga digunakan pada smartphone flagship iQOO, yakni iQOO 12.

Sistem pendingin tersebut dapat mengantarkan panas dengan cepat sehingga suhu bodi iQOO Z9 tetap terjaga. Hal ini membantu menjaga performa puncak dan stabil selama smartphone digunakan saat bermain game. Dengan demikian, iQOO Z9 mampu memastikan gameplay tetap nyaman saat digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Layar ultra-smooth

Untuk memberikan pengalaman imersif, iQOO Z9 dibekali layar beresolusi tinggi. Smartphone ini menggunakan layar berpanel AMOLED Ultra Smooth 6,78 inci beresolusi resolusi FHD+ atau 1.5K (1.260 x 2.800 piksel).

Selain itu, layar itu juga sudah didukung 1,07 miliar warna dan pemutaran konten High Dynamic Range (HDR).

Resolusi layar ponsel juga dapat diturunkan ke 1080p (1.080 x 2.400 piksel) untuk memberikan pengalaman game lebih seamless. Terlebih, layar iQOO Z9 sudah dibekali refresh rate 144Hz. Refresh rate ini lebih besar dari smartphone lain yang berkisar 120Hz.

Resolusi layar tersebut cocok dipakai saat memainkan game kompetitif, seperti PUBG atau Mobile Legends: Bang Bang.

Saat diuji dengan game balap berkecepatan tinggi, seperti Asphalt 9, Layar AMOLED Ultra Smooth 144 Hz mampu menghadirkan visual dengan lancar. Hal ini membuat pengguna dapat melihat setiap detail dan bereaksi dengan cepat.

Selain itu, refresh rate yang tinggi juga memastikan transisi mulus dan menghilangkan blur gerakan. Hal ini memberikan keunggulan saat melewati tikungan tajam dan mengalahkan lawan. Warna yang hidup dan resolusi yang tajam membuat pengalaman memainkan game balap menjadi imersif.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, iQOO Z9 cocok untuk digunakan bermain game kasual atau e-sports kompetitif.

iQoo Z9 5G memiliki potongan harga khusus pada Promo 7.7.DOK. iQOO iQoo Z9 5G memiliki potongan harga khusus pada Promo 7.7.

Untuk harga, iQOO Z9 memiliki harga berbeda tergantung kapasitas RAM dan penyimpanan internal. Untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, harganya adalah Rp 3.999.000.

Kemudian, varian 8 GB/256 GB dibanderol Rp 4.299.000 dan 12 GB/256 GB seharga Rp 4.699.000.

Selain iQOO Z9, pengguna bisa pula memilih iQOO Z9x dengan harga lebih terjangkau, yakni varian 8 GB/128 GB seharga Rp 2.999.000, 8 GB/256 GB Rp 3.299.000, dan 12 GB/256 GB Rp 3.699.000.

Kabar baiknya, iQOO memberikan diskon Rp 100.000 untuk iQOO Z9 dan Rp 200.000 untuk iQOO Z9x. Diskon berlaku untuk semua varian produk di Official Store iQOO di berbagai platform.

Penawaran menarik bisa didapatkan saat membeli iQOO Z9 Series pada promo Promo 7.7 Tokopedia dan Shopee. Untuk pembelian iQOO Z9 di Tokopedia, Anda bisa klik tautan ini. Sementara itu, untuk pembelian di Shopee, Anda bisa klik tautan ini.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai #iQOOZ9 #EmpoweringLife #AmaZin9, silakan klik tautan ini.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau