Advertorial

Gamers Wajib Punya, Ini Rekomendasi 3 Mouse Gaming Murah dan Berkualitas

Kompas.com - 08/07/2024, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Tetikus atau mouse menjadi salah satu aksesori yang diperlukan saat mengoperasikan perangkat laptop atau komputer. Perangkat ini memudahkan pengguna menggerakkan kursor di layar, baik untuk memilih item, membuka fail, maupun menjalankan program.

Seiring berjalannya waktu, mouse terus mengalami perkembangan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Sebagai contoh, mouse nirkabel alias tanpa kabel membuat pengguna leluasa menggerakkan kursor ketimbang tetikus konvensional.

Selain itu, terdapat juga mouse khusus yang dibuat untuk bermain game. Seperti diketahui, mouse gaming umumnya memiliki dots per inch (DPI) yang lebih tinggi tinggi ketimbang mouse biasa. DPI mengacu pada seberapa jauh kursor bergerak di layar untuk setiap inci pergerakan mouse.

Semakin tinggi DPI, pergerakan kursor lebih cepat dan presisi. Hal ini amat dibutuhkan dalam game yang membutuhkan reaksi cepat.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, tak heran jika mouse gaming umumnya dibanderol dengan harga cukup mahal.

Meski demikian, masih ada beberapa mouse gaming berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

  1. Razer Basilisk V3

Rekomendasi mouse gaming pertama adalah Razer Basilisk V3. Mouse gaming ini memiliki sensor fokus 26K DPI.

Seperti diketahui, sensor dengan DPI tinggi membuat pergerakan kursor menjadi lebih presisi. Selain akurat, DPI tinggi juga memungkinkan respons cepat terhadap pergerakan mouse. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif lantaran setiap milidetik berharga dalam permainan kompetitif.

Dengan demikian, mouse Razer itu cocok digunakan untuk memainkan game yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan, seperti first-person shooters (FPS), real-time strategy (RTS), serta multiplayer online battle arena (MOBA).

Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan scroll wheel mouse tersebut. Untuk bermain game, pengguna dapat menggunakan mode klik untuk presisi lebih baik.

Soal harga, Razer Basilisk V3 dibanderol Rp 699.000 di Tokopedia.

  1. Logitech G102 Prodigy

Selain Razer, jenama lain yang kerap mengeluarkan aksesori komputer untuk bermain game adalah Logitech. Jenama ini memiliki mouse gaming dengan harga terjangkau, yakni Logitech G102 Prodigy.

Mouse gaming itu memiliki sensor optik gaming-grade dengan resolusi hingga 8.000 DPI. Sensor ini dapat memberikan pergerakan mouse yang presisi dan responsif. Dengan demikian, mouse ini dapat digunakan untuk bermain game kompetitif, seperti FPS, RTS, serta MOBA.

Selain itu, Logitech G102 Prodigy juga memiliki polling rate 1 milliseconds (ms). Hal ini memberikan respons instan terhadap pergerakan dan klik. Dengan demikian, mouse Logitech ini dapat memberi keunggulan kompetitif dalam situasi permainan yang cepat dan membutuhkan reaksi cepat.

Untuk desain, Logitech G102 Prodigy memiliki bentuk sederhana layaknya mouse biasa yang simpel dan sederhana. Dengan demikian, pengguna tidak merasa berat seperti lazimnya saat menggunakan mouse gaming yang biasanya berukuran besar.

Logitech G102 Prodigy dibanderol seharga Rp 240.000 di Tokopedia.

  1. Fantech RAIGOR Gen III

Selain dua merek di atas, jenama lokal juga tidak ketinggalan untuk meramaikan pasar perangkat gaming. Salah satunya adalah Fantech. Jenama ini mengeluarkan berbagai aksesori gaming, seperti mouse, keyboard, earphone, mousepad, serta casing PC.

Untuk mouse gaming, Fantech memiliki varian RAIGOR Gen III yang menawarkan empat level DPI hingga 2.000 DPI. Hal ini membuat pengguna dapat mengatur sensitivitas sesuai kebutuhan permainan dan gaya bermain.

RAIGOR Gen III juga memiliki sensor optik yang akurat, cepat, dan presisi. Hal ini penting untuk game yang membutuhkan ketepatan tinggi, seperti FPS, RTS, dan MOBA.

Fantech RAIGOR Gen III juga memiliki ukuran yang kompak di tangan. Pengguna dapat menggunakan mouse ini berjam-jam, baik untuk bekerja atau bermain game.

Untuk harga, pengguna bisa mendapatkan mouse gaming buatan lokal itu mulai Rp 89.000 di Tokopedia.

Itulah daftar mouse gaming yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa mencari mouse laptop idaman kamu di Tokopedia. Pasalnya, e-commerce ini menyediakan berbagai jenis mouse sesuai kebutuhan kamu.

Selain mouse, kamu juga bisa mencari perangkat PC gaming lain, seperti prosesor, kartu grafis, mouse, keyboard, earphone, mousepad, serta casing PC. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan produk idaman kamu di Tokopedia.

Baca tentang
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau