Advertorial

6 Alat Tulis Esensial yang Harus Disiapkan sebelum Mulai Masuk Sekolah

Kompas.com - 08/07/2024, 17:08 WIB

KOMPAS.com – Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Semangat siswa-siswi di seluruh Indonesia kembali berkobar untuk memulai petualangan belajar yang baru.

Bagi para orangtua, momen tersebut tidak hanya soal mengantar anak ke sekolah, tetapi juga mempersiapkan segala perlengkapan sekolah yang diperlukan. 

Sebab, peralatan sekolah yang lengkap tidak hanya membantu anak-anak dalam proses belajar mengajar, tetapi juga memberikan semangat baru untuk memulai tahun ajaran dengan penuh percaya diri.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memastikan anak-anak mereka memiliki semua yang dibutuhkan.

Mempersiapkan peralatan sekolah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang. Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung tingkat kelas dan mata pelajaran yang mereka ambil.

Meski begitu, ada beberapa peralatan dasar yang umumnya dibutuhkan anak selama kegiatan belajar mengajar. Berikut adalah rinciannya.

  1. Pulpen

Pulpen menjadi salah satu alat tulis paling esensial karena digunakan di hampir di setiap aktivitas belajar mengajar, baik untuk mencatat, mengerjakan tugas, maupun ujian.

Agar tulisan terlihat jelas dan tidak mudah luntur, pilihlah pulpen dengan tinta berkualitas baik. Selain itu, pastikan pulpen tersebut nyaman digenggam. Beberapa merek terkenal, seperti Pilot, Zebra, dan Snowman, menawarkan keunggulan tersebut.

  1. Correction tape

Correction tape adalah penyelamat bagi anak-anak yang sering melakukan kesalahan saat menulis. Alat ini membantu mengoreksi tulisan tanpa meninggalkan bekas yang mengganggu.

Sebaiknya pilih correction tape berukuran ergonomis agar mudah digunakan oleh anak.

  1. Pensil dan penghapus

Pensil dan penghapus adalah dua peralatan yang tidak kalah penting. Untuk pensil, pilihlah yang memiliki tingkat kekerasan HB atau 2B karena cocok untuk menulis dan menggambar.

Pensil dengan kualitas baik dari merek ternama, seperti Faber-Castell atau Staedtler, bisa menjadi pilihan.

Jangan lupa, lengkapi juga dengan penghapus yang lembut dan tidak merusak kertas. Penghapus dengan kualitas baik biasanya tidak meninggalkan bekas hitam pada kertas.

  1. Highlighter

Anak-anak yang sudah memasuki jenjang pendidikan dengan mata pelajaran lebih kompleks, seperti matematika dan fisika, highlighter menjadi alat yang sangat membantu.

Highlighter seperti merek Stabilo dapat digunakan untuk menandai poin-poin penting dalam buku atau catatan. Ini dapat memudahkan anak untuk menemukan sekaligus mengingat informasi penting dengan cepat.

Sebaiknya, pilihlah highlighter dengan warna cerah agar belajar menjadi lebih menyenangkan.

  1. Rautan pensil

Rautan pensil yang baik akan menjaga pensil tetap tajam dan nyaman digunakan. Rekomendasi terbaik adalah rautan pensil yang memiliki penampung serutan agar tidak mengotori meja belajar.

Selain itu, rautan pensil mekanis atau elektrik juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin lebih praktis dan efisien.

  1. Tempat pensil

Untuk menjaga semua alat tulis dari kehilangan serta tetap rapi dan mudah dibawa ke sekolah, siapkan juga tempat pensil. Pilihlah ukuran dan desain sesuai kebutuhan serta selera anak.

Tempat pensil dari bahan yang tahan lama seperti kanvas atau plastik berkualitas tinggi akan lebih awet dan mampu melindungi alat tulis dengan baik.

Itulah, enam alat tulis sekolah esensial yang perlu dipersiapkan orangtua sebelum anak memulai petualangan belajar yang baru.

Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa menemukan kebutuhan tersebut di Tokopedia. Selain kemudahan dalam berbelanja, platform e-commerce ini juga menawarkan berbagai promo menarik yang dapat membantu orangtua berhemat. Promo yang saat ini sedang berlangsung adalah promo 7.7.

Dengan mempersiapkan peralatan sekolah yang lengkap dan berkualitas, anak akan lebih siap menghadapi tahun ajaran baru dengan penuh semangat.

Baca tentang
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau