Advertorial

BRI Raih Penghargaan "Bank Persero Terbaik" pada Ajang Bisnis Indonesia Award 2024

Kompas.com - 09/07/2024, 14:13 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih pengakuan atas kinerja yang positif dan berkelanjutan.

Terbaru, BRI mendapatkan penghargaan "Bank Persero Terbaik" pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso mengungkapkan bahwa penghargaan BIA 2024 didedikasikan untuk seluruh insan BRILian atau karyawan BRI.

Ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada insan BRILian yang telah memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan serta memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

"Penghargaan ini mencerminkan kontribusi dan kerja keras insan BRILian dalam memastikan kinerja BRI tetap tumbuh berkelanjutan," ujar Sunarso dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/7/2024).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia akan terus berinovasi dan melakukan transformasi secara berkelanjutan.

Hingga akhir kuartal I-2024, BRI berhasil mencatat laba sebesar Rp 15,98 triliun. Perseroan juga sukses menyalurkan kredit sebesar Rp 1.308,65 triliun atau tumbuh double digit sebesar 10,89 persen year-on-year (YoY).

Dari total kredit yang disalurkan, sekitar 83,25 persen atau Rp 1.089,41 triliun merupakan kredit untuk segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pertumbuhan signifikan dalam penyaluran kredit tersebut berkontribusi pada peningkatan aset perseroan, dengan aset BRI mencapai Rp 1.989,07 triliun atau tumbuh 9,11 persen YoY.

Seluruh segmen pinjaman BRI menunjukkan pertumbuhan positif, dengan segmen mikro tumbuh 10,51 persen YoY menjadi Rp 622,61 triliun, segmen konsumer tumbuh 11,62 persen YoY menjadi Rp 193,96 triliun, segmen kecil dan menengah tumbuh 8,06 persen YoY menjadi Rp 272,85 triliun, dan segmen korporasi tumbuh 15,10 persen YoY menjadi Rp 219,24 triliun.

"Ke depan, BRI tetap optimistis di tengah ketidakpastian ekonomi global. Kami memiliki keyakinan yang kuat untuk menghadapi tantangan bisnis pada 2024 karena BRI memiliki fundamental yang kuat," imbuh Sunarso.

Sebagai informasi, tema BIA 2024 adalah "Agility in Uncertainty". Dengan tema ini, BIA menyoroti soal kemampuan adaptasi dan inovasi dalam menghadapi ketidakpastian di sektor keuangan.

Tema itu juga dinilai relevan dengan tantangan global selama lima tahun terakhir ketika perusahaan-perusahaan harus beradaptasi secara cepat dan efektif untuk tetap bertahan dan berkembang.

Acara penghargaan BIA yang diselenggarakan di Jakarta pada pertengahan Juni 2024 itu merupakan momen tahunan untuk mengapresiasi perusahaan, terutama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penghargaan tersebut mencakup 39 kategori emiten nonbank dan tujuh kategori perbankan, dengan penentuan pemenang dilakukan melalui penilaian independen oleh pakar yang berpengalaman dalam dunia usaha, pasar modal, dan keuangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com