Advertorial

Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Klaten Gelar Pengajian Akbar

Kompas.com - 10/07/2024, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah bertema "Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah" di halaman Masjid Agung Al Aqsha, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (9/7/2024). Kegiatan ini dihadiri ribuan umat Islam yang datang dari Kabupaten Klaten dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut diawali pembacaan selawat simtudduror oleh Habib Muhammad Rifqi bin Ahmad Al Jailani yang diikuti jemaah. Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jajang Prihono yang mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Jajang mengatakan bahwa momen pergantian tahun Hijriah menjadi kesempatan umat Islam untuk introspeksi menjadi pribadi lebih baik.

Ia berharap, peringatan Tahun Baru Islam di Kabupaten Klaten dapat menjadi momentum untuk memperkokoh umat Islam di Kota Bersinar.

"Momen pergantian tahun Hijriah diharapkan menjadi kesempatan untuk memperbaiki kualitas diri. Peringatan Tahun Baru Hijriah ini juga diharapkan memperkokoh umat Islam tanpa memandang golongan," tutur Jajang dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Klaten juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba “Gema Takbir Idul Adha”. Kegiatan ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-220.

Sekda Klaten juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba ?Gema Takbir Idul Adha?. Dok. Pemkab Klaten Sekda Klaten juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba ?Gema Takbir Idul Adha?.

Kegiatan dilanjutkan dengan kajian dari Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah dari Surakarta. Pada kesempatan tersebut, Habib Muhammad bin Yahya Al Baraqbah mengapresiasi umat Islam di Klaten. Pasalnya, pengajian tersebut dihadiri jemaah dari berbagai latar belakang organisasi Islam. Menurutnya, hal ini mencerminkan hubungan yang kokoh di antara umat Islam.

"Semoga kuatnya persaudaraan umat Islam menjadikan Klaten damai dan membawa kedamaian di Indonesia," tutur Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah.

Pengajian akbar peringatan Tahun Baru Hijriah ditutup dengan mahalul qiyam dan doa bersama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau