Advertorial

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Pemkab Klaten Gelar Senam Lansia Sehat

Kompas.com - 10/07/2024, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten menggelar Senam Warga Lanjut Usia (Lansia) Sehat bertema “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat” di halaman Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28 tingkat Kabupaten Klaten. Kegiatan ini diikuti ratusan lansia dari 26 kecamatan di Klaten.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Kesra Setda Klaten Nurcholis Arif Budiman mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan sekaligus kesehatan warga lansia.

“Kegiatan tersebut juga digelar untuk mengapresiasi pengabdian lansia ketika masih produktif,” kata Nurcholis dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (10/7/2024).

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten Jaka Purwanto yang datang mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten terus berkomitmen untuk memajukan dan mendukung warga lansia melalui Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Klaten.

“Saya menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk memberikan dukungan demi kelancaran program kerja Komda Lansia Kabupaten Klaten,” kata Purwanto menyampaikan pesan Bupati.

Peserta senam warga. DOK. Pemkab Klaten Peserta senam warga.

Pada kesempatan tersebut, warga lansia juga diimbau untuk selalu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Dengan demikian, lansia tetap sehat dan bugar.

Sebagai informasi, peserta kegiatan tersebut merupakan pensiunan dari instansi pemerintahan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten, serta kader Posyandu Lansia dari masing-masing kecamatan dan komunitas lansia di Kabupaten Klaten.

Selain senam sehat, Bagian Kesra Setda Klaten juga menyelenggarakan sarasehan dan penyuluhan kesehatan serta pemeriksaan kesehatan lansia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau