Advertorial

Orangtua Wajib Tahu, Ini 5 Baterai Kasih Sayang Anak yang Wajib Dicas Setiap Hari

Kompas.com - 10/07/2024, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Bagaikan bunga yang memerlukan kehangatan sinar matahari, anak-anak juga membutuhkan kehangatan kasih sayang agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Seperti diketahui, kasih sayang merupakan salah satu dari sekian banyak kebutuhan dasar anak. Jika kebutuhan ini terpenuhi anak bakal merasa aman, dicintai, dan dihargai.

Terkait kebutuhan tersebut, praktisi pengasuhan anak dr Aisah Dahlan CMHt, CMNLP, menuturkan bahwa orangtua perlu menerapkan konsep “5 baterai kasih sayang” kepada anak.

Hal itu ia sampaikan dalam viniar #MomsCorner bertajuk “Pahami Tantrum Anak dengan 5 Baterai Kasih Sayang” yang tayang di kanal Youtube selebritas Nikita Willy, Sabtu (1/6/2024).

Menurut dr Aisah, konsep tersebut perlu dipraktikkan setiap hari kepada anak dari usia 0 hingga 5 tahun. Jika terpenuhi, anak dapat tumbuh secara optimal dan orangtua dapat lebih memahami kebutuhan anak.

Adapun baterai kasih sayang anak terdiri dari sentuhan, pelayanan, waktu, pujian, dan hadiah.

Baterai pertama, yakni sentuhan, merupakan bentuk kasih sayang berupa sentuhan fisik, seperti pelukan atau usapan untuk memberikan kenyamanan pada anak.

Kemudian, baterai pujian adalah kasih sayang yang diutarakan lewat kata-kata pujian untuk mengapresiasi perilaku terpuji anak. Sebagai contoh, pujian atas inisiatif anak yang membantu pekerjaan rumah.

Baterai selanjutnya, waktu, adalah kasih sayang berupa waktu yang berkualitas bersama anak. Artinya, orangtua perlu lebih banyak “hadir” dan mendampingi anak. Tak hanya di momen-momen penting, seperti seperti ulang tahun dan kelulusan sekolah, tetapi juga di kesehariannya.

Sementara, baterai pelayanan adalah membantu berbagai aktivitas anak sehari-hari. Misalnya, memandikan atau menyuapi saat makan.

Terakhir, baterai hadiah atau memberikan sesuatu kepada anak. Dalam konteks ini, hadiah tidak harus berupa barang atau sesuatu yang mahal. Sebagai contoh, orangtua bisa membuatkan makanan atau minuman favorit untuk “mengisi” baterai hadiah anak.

Selain itu, orangtua juga bisa memberikan hadiah berupa tabungan anak yang bermanfaat untuk masa depannya. Salah satu produk tabungan anak yang bisa dicoba adalah Tabungan BRI Junio besutan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI.

Tabungan BRI Junio adalah produk tabungan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini menawarkan berbagai fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi daring secara real-time lewat BRImo, serta bebas biaya admin bulanan khusus nasabah usia di bawah 12 tahun.

Promo Tabungan BRI Junio Rencana Dok. BRI Promo Tabungan BRI Junio Rencana

Dengan membuka Tabungan BRI Junio, si kecil juga akan mendapatkan Debit BRI Junio berkarakter khusus dengan tampilan desain menarik. Fasilitas ini pun bisa menambah semangat menabung anak.

Terbaru, Tabungan BRI Junio tengah menghadirkan program reward bagi nasabah yang melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI Junio Rencana.

Pada program tersebut, nasabah yang melakukan pembukaan rekening dan memberikan setoran awal senilai Rp 5 juta berkesempatan mendapatkan dua tiket KidZania Jakarta atau saldo BRImo senilai Rp 500.000. Program ini bisa dinikmati nasabah hingga Sabtu (31/8/2024).

Anda dapat membuka Tabungan BRI Junio secara online melalui BRImo. Cukup mengunduh aplikasi BRImo di Play Store, App Store, atau AppGallery secara gratis, lalu buka rekening Tabungan BRI BritAma atau Tabungan BRI Simpedes lalu membuka Tabungan BRI Junio.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tabungan BRI Junio, klik tautan berikut.

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com