Advertorial

Baznas Terima Infak Kemanusiaan Palestina Rp 30 Miliar dari Masyarakat Jabar

Kompas.com - 10/07/2024, 21:10 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima infak kemanusiaan untuk Palestina Rp 30.921.335.995 dari masyarakat Jawa Barat (Jabar) dalam acara Baznas Jabar Awards di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (10/07/2024).

Infak diserahkan Baznas Jawa Barat kepada Baznas secara simbolis.

Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad, MA mengapresiasi Baznas Provinsi Jabar dan masyarakat Jabar yang telah berkontribusi dalam bantuan tersebut.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan cerminan bahwa kepedulian masyarakat Jabar terhadap kemanusiaan sangat besar. Terlebih, saat ini, masyarakat di Palestina masih membutuhkan banyak bantuan.

Bantuan tersebut akan disalurkan Baznas kepada masyarakat Palestina secara bertahap dengan pengawasan ketat. Hal ini bertujuan untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi bantuan dapat tersalurkan dengan baik.

"Kami berkomitmen memegang prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI guna memastikan bantuan ini tepat sasaran. Dengan demikian, bantuan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Palestina," ujar KH Noor dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (10/7/2024).

Dalam penyaluran bantuan tersebut, lanjut Kiai Noor, Baznas akan berkoordinasi dengan Baznas Provinsi Jabar dan mitra di Palestina.

Baznas memiliki jaringan yang luas dan pengalaman dalam penyaluran bantuan kemanusiaan di berbagai wilayah konflik.

Selain bermanfaat untuk masyarakat Palestina, bantuan tersebut juga memperkuat hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Palestina.

“Saya berharap, kepedulian dan solidaritas yang ditunjukkan masyarakat Indonesia melalui Baznas bisa menjadi inspirasi masyarakat internasional untuk mendukung upaya kemanusiaan di berbagai belahan dunia," ujarnya.

Wakil Ketua I Baznas Provinsi Jabar Ir Rachmat Ari Kusumanto bersyukur dan bangga atas partisipasi masyarakat Jabar dalam program kemanusiaan untuk Palestina.

Penyaluran bantuan tersebut menjadi bagian dari komitmen Baznas Provinsi Jabar untuk mendukung upaya kemanusiaan di Palestina.

“Baznas Provinsi Jabar terus berkomitmen mengoptimalkan penyaluran infak dan sedekah dari masyarakat,” ucap Rachmat.

Melalui program inovatif dan berkelanjutan, lanjut Rachmat, pihaknya terus berupaya mengembangkan program untuk memastikan bantuan dapat berdampak signifikan dan berkelanjutan.

Dengan demikian, bantuan yang diberikan bisa rasakan langsung manfaatnya, khususnya untuk masyarakat di Palestina.

"Semoga bantuan ini menjadi amal jariah serta menghadirkan keberkahan untuk masyarakat yang aktif dalam penyaluran bantuan ini," tuturnya.

Sebagai informasi, Baznas Jabar Awards turut dihadiri Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan H Rizaludin Kurniawan, MSi, CFRM, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, perwakilan bupati dan walikota se-Jabar, Pimpinan Baznas Provinsi Jabar, Kabupaten/kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ), serta perwakilan ormas Islam Jabar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com