Advertorial

Bupati Klaten Anugerahkan Gelar Duta Genre 2024 kepada Reiky Faiz dan Nayyara Azwa

Kompas.com - 19/07/2024, 15:04 WIB

KOMPAS.com – Nayyara Azwa Nabila dari Kecamatan Klaten Selatan dan Reiky Faiz Setyo Nugroho dari Kecamatan Manisrenggo berhasil menyandang gelar Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Klaten 2024.

Penganugerahan piala dan apresiasi kepada dua nama itu dilakukan langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Grha Bung Karno Klaten, Kamis (18/7/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten, staf ahli, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, Direktur Rumah Sakit Bumi Waras (RSBW), Ketua Organisasi Wanita, Duta Wisata, Duta Genre Se-Eks Karesidenan Surakarta, serta tamu undangan dan masyarakat Klaten.

Sekda Kabupaten Klaten Jajang Prihono yang mewakili Bupati Klaten menjelaskan, program Genre bertujuan membentuk karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program ini mengajarkan tentang pernikahan dini, seks pranikah, serta narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (napza).

"Kami berharap, Duta Genre dapat menyosialisasikan dan mempromosikan program-program Genre serta menjadi figur motivator dan duta stunting di kalangan remaja," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/8/2024).

Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Eka Sulistya Ediningsih mengapresiasi perencanaan pertumbuhan penduduk dan pembangunan keluarga yang telah diterapkan dengan baik di Kabupaten Klaten.

Ia mendorong para finalis Genre untuk mengoptimalkan potensi diri dalam mengampanyekan Genre di semua kalangan melalui digitalisasi.

“Kami juga berharap, Duta Genre 2024 dapat menciptakan kehidupan remaja yang sehat sehingga mengurangi angka stunting di Kabupaten Klaten,” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Puspo Enggar Hastuti menerangkan, pemilihan Duta Genre merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada remaja yang berperan dalam isu kependudukan, kesehatan reproduksi, dan persiapan kehidupan berkeluarga. 

Para finalis, lanjutnya, telah melalui beberapa tahapan seleksi, termasuk administrasi, wawancara, dan pemaparan program.

“Dari 10 finalis, dipilih lima besar, kemudian tiga besar, hingga akhirnya terpilih satu pasang Duta Genre Klaten 2024 yang akan mewakili Klaten di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

Selain Reiky Faiz Setyo Nugroho dan Nayyara Azwa yang terpilih sebagai juara 1 putra dan putri, Duta Genre Klaten 2024 juga mendapuk Ervino dan Narin Anesa sebagai juara 2, serta Joshua Ivan Dewangga dan Kinan Syifa Aulia sebagai juara 3.

Kemudian, Diky Dwi Saputra dan Farah Yunita Maharani sebagai juara harapan 1, serta David Ardi Pangestu dan Mutia Rahma sebagai juara harapan 2.

Acara juga memberikan penghargaan untuk kategori “Duta Genre Favorit, Influencer, Berbakat, dan Lingkungan”, serta dimeriahkan dengan penampilan peragaan busana.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau