Advertorial

Resmi Mundur dari Walkot Surakarta, Barisan RFG Apresiasi Capaian Prestasi Gibran

Kompas.com - 19/07/2024, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Wakil Presiden terpilih Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Gibran Rakabuming Raka, resmi mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota (Walkot) Surakarta periode 2021-2026.

Ketua Dewan Pembina Barisan Relawan for Gibran (RFG) Reza Fahlevi pun mengapresiasi capaian Gibran selama menjabat 3,5 tahun.

"Gibran adalah role model pemimpin muda kreatif dengan berbagai terobosan. Di bawah kepemimpinan Gibran, Kota Surakarta disulap menjadi episentrum kebudayaan yang adaptif dengan konsep modernisasi," ujar Reza dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

Selain itu, lanjut Reza, Gibran berhasil menyulap Kota Surakarta menjadi magnet bagi musisi, seniman, dan budayawan untuk memamerkan karyanya.

Seniman dan budayawan diberi panggung besar untuk berkarya. Bahkan, akun Instagram pribadi Gibran kerap menayangkan live pertunjukan budaya.

Musisi lokal, nasional dan internasional pun kerap menggelar konser di kota tersebut.

“Selama 3,5 tahun terakhir, Gibran menjadikan Surakarta sebagai ikon kota konser. Hal ini mendongkrak pertumbuhan ekonomi seiring derasnya wisatawan lokal dan internasional yang berdatangan," imbuhnya.

Reza menambahkan, Gibran juga sukses mendongkrak ekonomi kerakyatan dengan memajukan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal naik kelas dengan semangat digitalisasi.

Jika dibandingkan daerah lain di Tanah Air, lanjut Reza, Surakarta lebih unggul dan mampu bersaing di skala internasional.

“Hal itu ditandai dengan produk lokal (Surakarta) yang berhasil tembus pasar dunia,” papar Reza.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari kecakapan Gibran dalam memadukan ekonomi digital dan diplomasi dengan kota lain di dunia.

Berkat deretan capaian tersebut, pihaknya meyakini bahwa Gibran akan dikenang sebagai pemimpin muda yang telah membawa perubahan revolusioner bagi Kota Surakarta.


"Barisan RFG optimistis, keberhasilan Gibran di Kota Surakarta akan dilanjutkan di kancah nasional. Terima kasih Gibran telah menginspirasi anak muda Indonesia," kata Reza.

Wakil Presiden terpilih Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Gibran Rakabuming Raka, resmi mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota (Walkot) Surakarta periode 2021-2026.

Ketua Dewan Pembina Barisan Relawan for Gibran (RFG) Reza Fahlevi mengapresiasi capaian Gibran selama menjabat 3,5 tahun.

"Gibran adalah role model pemimpin muda kreatif dengan berbagai terobosan. Di bawah kepemimpinan Gibran, Kota Surakarta disulap menjadi episentrum kebudayaan yang adaptif dengan konsep modernisasi," ujar Reza dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

Selain itu, lanjut Reza, Gibran berhasil menyulap Kota Surakarta menjadi magnet bagi para musisi, seniman, dan budayawan untuk memamerkan karyanya.

Adapun seniman dan budayawan diberi panggung besar untuk berkarya. Bahkan, akun Instagram pribadi Gibran kerap menayangkan live pertunjukan budaya. Selain itu, musisi lokal, nasional dan internasional kerap menggelar konser di kota tersebut.

“Selama tiga setengah tahun terakhir, Gibran menjadikan Surakarta sebagai ikon kota konser. Hal ini mendongkrak pertumbuhan ekonomi seiring derasnya wisatawan lokal dan internasional yang berdatangan," imbuhnya.

Reza menambahkan, Gibran juga sukses mendongkrak ekonomi kerakyatan dengan memajukan segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal naik kelas dengan semangat digitalisasi.

Dibanding dengan daerah lain di Tanah Air, lanjut Reza, Kota Surakarta lebih unggul dan mampu bersaing di skala internasional.

“Hal itu ditandai dengan produk lokal yang berhasil tembus pasar dunia dengan memadukan ekonomi digital dan diplomasi dengan kota lain di dunia," papar Reza.

Berkat deretan capaian tersebut, pihaknya meyakini Gibran dikenang sebagai pemimpin muda yang telah membawa perubahan revolusioner bagi Kota Surakarta.

"Barisan RFG optimistis, keberhasilan Gibran di Kota Surakarta akan dilanjutkan di kancah nasional. Terima kasih Gibran telah menginspirasi anak muda Indonesia," kata Reza.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau