Advertorial

Ajak Anak Vakansi ke Luar Negeri, Jangan Lupa Siapkan Hal Berikut!

Kompas.com - 21/07/2024, 10:21 WIB

KOMPAS.com – Mengajak anak berlibur ke luar negeri menjadi salah satu cara untuk memberi anak pengalaman berharga. Pasalnya, selama berlibur ke luar negeri, anak akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru, selain hiburan. Mereka pun dapat mempelajari budaya dan kebiasaan yang berbeda.

Tidak perlu berlibur ke negara yang jauh. Orangtua dapat mengajak keluarga berlibur ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia saat weekend. Sebelum berlibur ke luar negeri, simak hal-hal yang perlu dipersiapkan berikut.

  1. Dokumen perjalanan

Liburan ke luar negeri membutuhkan berbagai dokumen, seperti paspor dan visa. Orang tua dapat mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari sebelum perjalanan.

Untuk visa anak-anak, beberapa negara mungkin memiliki persyaratan tambahan, seperti surat izin dari orang tua jika bepergian hanya dengan salah satu orang tua. Oleh karena itu, cek persyaratan masuk ke negara tujuan untuk menghindari kendala saat perjalanan.

  1. Itinerari ramah anak

Persiapan berikutnya adalah itinerari. Karena berlibur bersama anak, orang tua perlu memilih destinasi ramah anak.

Sebagai pertimbangan, orang tua bisa mencari tahu fasilitas dan atraksi yang tersedia di destinasi tersebut, seperti taman bermain, museum anak, serta taman hiburan.

Buat itinerari yang fleksibel menyesuaikan aktivitas dengan usia dan minat anak. Jika anak suka binatang, misalnya, pilih kebun binatang atau akuarium sebagai destinasi.

Orang tua juga dapat memasukkan museum interaktif yang ramah anak dalam itinerari jika anak suka sejarah. Selalu sisihkan waktu untuk istirahat agar anak tidak kelelahan selama perjalanan.

  1. Barang bawaan yang dibutuhkan anak

Perlengkapan anak wajib disiapkan untuk menunjang kenyamanan anak selama perjalanan, mulai dari pakaian hingga peralatan mandi.

Orangtua dapat pula membawa makanan ringan dan minuman untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi selama perjalanan.

Mainan dan buku favorit anak juga perlu dibawa karena bisa membantu menghibur mereka selama penerbangan atau perjalanan panjang.

Jika tujuan liburan sedang mengalami musim dingin, orangtua bisa membawa pakaian ganti yang cukup untuk anak, termasuk pakaian hangat.

Jangan lupa membawa obat-obatan dan kit pertolongan pertama, seperti obat demam, obat alergi, dan plester.

  1. Bujet

Bujet perlu disiapkan pula sejak jauh-jauh hari. Sesuaikan bujet dengan itinerari yang telah dibuat. Buat pula anggaran untuk keperluan tak terduga selama berlibur di luar negeri sebagai antisipasi.

Manfaatkan BritAma Valas

Itulah empat persiapan yang perlu dipersiapkan sebelum berlibur ke mancanegara. Untuk bujet, orang tua bisa menyimpan dalam Tabungan BritAma Valas dari BRI.

Tabungan dalam mata uang manca negara itu menawarkan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif. BritAma Valas dapat dibuka dengan mudah melalui BRImo. Tabungan ini memiliki 10 mata uang asing, yakni Dollar AS (USD), Saudi Arabian Riyal (SAR), Australian Dollar (AUD), Chinese Yuan Renminbi (CNY), Euro (EUR), United Arab Emirates Dirham (AED), Hong Kong Dollar (HKD), Japanese Yen (JPY), British Pound Sterling (GBP), dan Singapore Dollar (SGD).

Selain itu, nasabah bisa melakukan konversi mata uang melalui BRImo yang telah terintegrasi dengan BritAma Valas.

Nasabah juga bisa menggunakan Debit BRI BritAma Valas yang memberikan solusi transaksi mudah, hemat, dan nyaman selama bertransaksi di luar negeri. Dengan demikian, nasabah tidak perlu repot membawa banyak uang tunai saat berlibur ke Amerika Serikat, Uni Eropa, Britania Raya, Singapura, Arab Saudi, Hong Kong, Uni Emirat Arab, Jepang, Australia, dan China. Hal ini karena BRI membebaskan biaya konversi.

Selain itu, ebit BRI BritAma Valas juga mudah diaktifkan melalui BRImo. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih menu “Akun”dan pilih “Pengelolaan Kartu”.
  2. Pilih Debit BRI BritAma Valas yang kamu miliki.
  3. Pilih mata uang dan pastikan Status Transaksi Luar Negeri sudah aktif.
  4. Pilih rekening BritAma Valas, semisal USD untuk Amerika Serikat.
  5. Rekeningmu sudah terhubung dan siap digunakan untuk bertransaksi.

Jika berencana berlibur ke Singapura, Anda bisa memanfaatkan QRIS cross border di BRImo untuk melakukan pembayaran. Transaksi bisa dilakukan di merchant yang menerima pembayaran NETS QR atau SGQR dan SGQR+ yang berlogo NETS.

Berikut adalah cara bertransaksi QRIS cross border di aplikasi BRImo.

  1. Buka aplikasi BRImo di smartphone-mu dan klik fitur "QRIS".
  2. Scan atau pindai QR Code di merchant Singapura.
  3. Konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN.
  4. Transaksi berhasil.

Dengan membuka Tabungan BritAma Valas, liburan ke luar negeri bersama anak pun jadi tenang. Sebab, #BRImoWorldExperience menawarkan pengalaman liburan ke luar negeri yang bebas repot.

Yuk, unduh BRImo di Playstore, App Store, atau Huawei AppGallery untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman #BRImoMudahSerbaBisa!

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau