Advertorial

Gebrakan Toyota di GIIAS 2024, Luncurkan New GR Yaris dan Perkuat Ekosistem Motosport

Kompas.com - 23/07/2024, 20:00 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Toyota kembali mencuri perhatian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung mulai 18-28 Juli di ICE BSD City, Tangerang.

Pabrikan otomotif asal Jepang itu tidak hanya memamerkan jajaran produk unggulannya, tetapi juga menghadirkan kejutan besar dengan meluncurkan New GR Yaris sekaligus memperkuat ekosistem Gazoo Racing (GR) di Indonesia.

New GR Yaris adalah mobil sport kompak yang menggabungkan DNA balap dengan kenyamanan berkendara sehari-hari. Mobil ini hadir sebagai wujud nyata dari filosofi "Joy of GR for Everyone" yang diusung Toyota.

Berlandaskan filosofi itu, Toyota menghadirkan sensasi berkendara ala balap yang dapat dinikmati oleh lebih banyak penggemar otomotif.

New GR Yaris bukanlah sekadar mobil sport biasa. Model ini adalah hasil evolusi dari pengalaman Toyota di ajang reli dunia, World Rally Championship (WRC). Dengan sejumlah pembaruan, mobil tersebut menjanjikan performa lebih dahsyat dan pengalaman berkendara yang lebih sporty serta mengesankan.

Salah satu kebaruan tersebut adalah hadirnya 8-speed Gazoo Racing Direct AT sebagai pendamping transmisi manual 6-speed yang telah ada.

Kinerja transmisi otomatis canggih itu telah diuji oleh TGR World Rally Team dan peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap. Hasilnya, perpindahan gigi bisa dilakukan dengan sangat cepat sehingga tenaga mesin di semua putaran menjadi optimal.

Kebaruan selanjutnya terletak pada jantung pacu New GR Yaris. Mobil ini dibekali mesin 1.600 cc tiga silinder turbo yang sudah dikenal efisien dan bertenaga. Komponen ini kini ditingkatkan lagi performanya dari 261 PferdeStarke (PS) menjadi 305 PS, dan torsi dari 360 Nm menjadi 400 Nm.

Untuk memaksimalkan peningkatan performa, GR Yaris terbaru dilengkapi dengan opsi mode berkendara baru dan optimasi sistem 4WD GR Four.

Pengemudi kini dapat memilih tiga mode berkendara dengan karakteristik berbeda, yaitu Sport, Normal, dan Eco. Sistem GR Four juga dioptimalkan dengan tiga mode, yaitu Normal, Gravel (sebelumnya Sport), dan Track.

Hal itu memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan karakteristik handling sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara yang diinginkan.

Interior New GR Yaris terbaru juga terlihat segar dengan panel kontrol dan monitor yang dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk kemudahan pengoperasian. Posisi duduk pengemudi pun diturunkan 25 mm guna memperluas jarak pandang dan visibilitas.

Pada sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang terpisah. Tujuannya, untuk mempermudah perbaikan dan penggantian bagian jika diperlukan, meningkatkan aliran udara, serta mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia reli, sasis GR Yaris diperkuat untuk memungkinkan pengemudi memacu mobil hingga batasnya.

Kekakuan bodi ditingkatkan dengan spot welding 13 persen lebih banyak, penambahan body adhesive 24 persen, dan metode 3-point suspension mounting. Hal ini meningkatkan stabilitas handling dan kenyamanan berkendara.

Dengan segala keunggulan tersebut, Toyota mematok harga New GR Yaris mulai dari Rp 1,15 miliar.

“Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris. Harganya adalah Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi automatic (OTR DKI Jakarta), serta tambahan 1 warna baru, yaitu Precious Metal, menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Rabu (17/7/2024).

Penguatan ekosistem GR

Selain meluncurkan New GR Yaris, Toyota juga mengumumkan kategori baru pada kompetisi e-Motosport Toyota Gazoo Racing (TG) GT Cup sebagai upaya memperkuat ekosistem GR di Tanah Air.

Kehadiran kategori tersebut memungkinkan pebalap mengikuti kualifikasi di GR Zone seluruh Indonesia dan memperbesar peluang pebalap virtual junior untuk berkompetisi.

Dalam memperkuat ekosistem GR di Indonesia, Toyota berfokus pada tiga pilar utama, yaitu Motorsport, Community, dan Product. Hal ini sejalan dengan komitmen TAM untuk menghadirkan "Joy of GR for Everyone".

Pilar Motorsport direalisasikan Toyota dengan aktif terlibat dalam berbagai ajang balap nasional dan internasional. Contohnya, GT World Challenge Asia, Asia Cross Country Rally, ISSOM, rally, sprint rally, dan slalom.

Untuk memperkuat pilar Community, Toyota meresmikan komunitas GR Enthusiast dan GR Garage di Pantai Indah Kapuk 2, serta 28 GR Zone di dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Selain itu, TAM membuka kesempatan bagi pencinta e-Motorsport untuk mengikuti Toyota Gazoo Racing GT Cup.

Dari sisi Product, Toyota terus memperluas jajaran model GR di Indonesia. Sejak resmi hadir di Indonesia pada 2021, produk GR melengkapi pilihan model GR Pure, GR Sport, dan GR Parts dengan penerimaan positif.

Hal itu tecermin dari rasio penjualan varian GR Sport dan GR Parts yang melampaui 80 persen jika dibanding model non-GR.

Model GR Corolla turut dipamerkan di GIIAS 2024. KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Model GR Corolla turut dipamerkan di GIIAS 2024.

Hadirkan keseruan di booth

Bertempat di Hall 5B, Toyota tidak hanya memamerkan New GR Yaris, tetapi juga deretan mobil GR Sport lainnya, antara lain GR 86 dan GR Corolla. 

Booth Toyota di GIIAS 2024 juga menawarkan berbagai aktivitas menarik yang berkaitan dengan ekosistem GR. Pengunjung dapat mencoba simulator balap GR untuk merasakan sensasi berkendara mobil GR di sirkuit virtual. Ada pula area showcase yang menampilkan evolusi teknologi GR, mulai dari sistem suspensi hingga aerodinamika.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan langsung performa mobil GR, Toyota menyediakan sesi test drive khusus di area yang telah ditentukan. Instruktur profesional akan mendampingi peserta, memberikan tips dan trik untuk memaksimalkan potensi mobil GR di jalan raya maupun lintasan balap.

Tidak hanya fokus pada GR, Toyota juga menawarkan berbagai promo menarik selama GIIAS 2024. Salah satunya adalah Toyota Online Shopping Solution (TOSS) yang memungkinkan calon pembeli melakukan pemesanan mobil secara online dengan mudah dan praktis.

Bagi yang tertarik dengan model-model populer seperti Veloz, Rush, dan Avanza, Toyota menawarkan program Toyota Spektakuler. Program ini memberikan bunga rendah mulai dari 0 persen hingga 2,9 persen dengan tenor hingga 3 tahun dan DP mulai dari 20 persen.

Toyota juga tidak melupakan aspek after-sales. Melalui program T-CARE, pelanggan bisa menikmati bebas biaya servis sebanyak 7 kali selama 3 tahun atau 60.000 km.

Khusus untuk model LCGC, seperti Agya dan Calya, tersedia paket T-CARE LITE yang memberikan gratis jasa servis selama 3 tahun.

Bagi pemilik mobil Toyota yang rutin melakukan servis setiap 6 bulan di bengkel resmi, ada bonus tambahan berupa extended warranty selama 1 tahun. Pengunjung booth aftersales juga berkesempatan mengikuti games berhadiah langsung.

Program Toyota Trade In juga hadir di GIIAS 2024. Pelanggan yang menukarkan mobil lamanya melalui OLXmobbi berkesempatan memenangkan lucky draw hingga Rp 6,7 juta. Namun, perlu diingat bahwa kuota program ini terbatas.

Tidak ketinggalan, Toyota menghadirkan layanan mobilitas KINTO. Selama GIIAS 2024, pelanggan bisa mendapatkan E-Money hingga Rp 2 juta dan harga spesial hemat hingga 1 kali biaya berlangganan.

Untuk pelanggan korporat, Toyota menawarkan free trial MODA Digital yang menyediakan Fleet Management System dan Transportation Management System.

Menariknya, pengunjung yang mengikuti test drive atau melakukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) juga berkesempatan membawa pulang merchandise gratis.

Bagi Anda yang penasaran dengan New GR Yaris atau ingin merasakan langsung sensasi mobil GR lainnya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi booth Toyota di GIIAS 2024.

Siapa tahu, Anda bisa menjadi salah satu pemilik pertama New GR Yaris di Indonesia dan merasakan sendiri sensasi berkendara yang memacu adrenalin namun tetap aman dan nyaman.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau