Advertorial

Anak Berhak Wujudkan Cita-cita, Ini 5 Cara Orangtua untuk Dukung Impian Si Kecil

Kompas.com - 24/07/2024, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki hak dan kesempatan untuk mewujudkan cita-cita dan impian mereka. Sebagai harapan masa depan, anak-anak dapat mengaktualisasikan diri serta memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Setiap orangtua pun perlu memaksimalkan potensi anak agar mereka dapat mewujudkan cita-cita yang diinginkan.

Peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli bisa menjadi momentum tepat bagi para orangtua. Mereka dapat meninjau kembali perannya dalam mendukung perjalanan si kecil menuju impian yang dicita-citakan.

Apalagi, anak-anak membutuhkan dukungan, dorongan, dan lingkungan keluarga yang kondusif untuk berkembang secara optimal.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk mendukung anak meraih cita-cita? Berikut adalah ulasannya.

  1. Kenali minat dan bakat anak

Langkah pertama yang harus dilakukan orangtua adalah mengenali minat dan bakat anak. Pasalnya, setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mengamati kegiatan yang membuat anak bersemangat dan bahagia dapat membantu orangtua mengidentifikasi minat dan bakat anak. Misalnya, jika anak senang menggambar, menari, atau bermain musik, orangtua dapat memberikan dukungan lebih pada kegiatan-kegiatan tersebut.

Selain itu, ajak pula anak berbicara tentang hal-hal yang mereka sukai dan impian mereka. Dengan begitu, orangtua bisa lebih memahami apa yang benar-benar ingin dicapai oleh anak.

  1. Dukungan moral dan emosional

Setiap anak membutuhkan dukungan moral dan emosional dari orangtua. Kata-kata semangat dan pujian tulus dapat memberikan motivasi besar bagi anak dalam mengejar impian mereka.

Oleh karena itu, hindari memberikan kritik yang berlebihan atau membanding-bandingkan anak dengan orang lain, karena hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri mereka.

Sebaliknya, berikan dukungan dengan cara mendengarkan perasaan dan pandangan anak, serta memberi mereka ruang untuk berekspresi. Ketika anak merasa didukung dan dihargai, mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja keras mencapai tujuan mereka.

  1. Berikan fasilitas yang dibutuhkan

Untuk mewujudkan cita-cita, anak membutuhkan akses ke berbagai sumber daya yang relevan. Misalnya, jika anak bercita-cita menjadi atlet, pastikan mereka memiliki akses ke fasilitas olahraga dan pelatihan yang memadai.

Jika anak tertarik pada dunia seni, carikan kursus atau pelatihan yang dapat mengasah keterampilan mereka.

Orangtua juga bisa menyediakan buku, alat peraga, atau teknologi yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran anak. Dengan menyediakan akses ke sumber daya yang tepat, orangtua dapat membantu anak mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk meraih impian mereka.

  1. Ajarkan disiplin dan ketekunan

Mencapai cita-cita tidak selalu mudah. Oleh karena itu, anak perlu memahami pentingnya disiplin dan ketekunan. Orangtua bisa membantu anak belajar mengatur waktu, membuat rencana, dan menetapkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Ajarkan anak untuk konsisten dalam menjalankan kegiatan yang mendukung impian mereka dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan. Dengan membimbing anak untuk tetap fokus dan bekerja keras, orangtua membantu mereka mengembangkan sikap positif yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan disiplin dan ketekunan kepada anak adalah mengajak mereka untuk mulai menabung.

Selain belajar disiplin dan tekun, anak-anak juga dapat melek finansial dan mewujudkan berbagai impian dengan menabung. Sebut saja, liburan, membeli barang atau mainan yang mereka inginkan, serta pendidikan berkualitas.

Dok. BRI

Agar kegiatan menabung lebih menarik, ajak si kecil menabung di lembaga keuangan resmi seperti perbankan. Hal ini menjadi pengalaman berkesan bagi mereka karena dapat belajar mengenal sistem perbankan serta menggunakan fitur-fitur menarik aplikasi perbankan.

Salah satu produk tabungan yang dapat dipilih untuk anak adalah Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Untuk diketahui, Tabungan BRI Junio merupakan tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Khusus nasabah dengan umur kurang dari 12 tahun, Tabungan BRI Junio tidak mengenakan biaya administrasi bulanan.

Tabungan BRI Junio memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur Tabungan BRI Junio Rencana.

Selain itu, Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan Debit BRI ber-chip dengan desain karakter khusus. Dengan begitu, anak-anak jadi makin semangat menabung.

Cara membuka rekening Tabungan BRI Junio pun mudah lantaran bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik. Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Anda juga dapat mengajak si kecil memantau Tabungan BRI Junio secara berkala lewat aplikasi BRImo.

Yuk, unduh BRImo sekarang di Google Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan bagi buah hati. Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan sat set karena #BRImoMudahSerbaBisa.

#TabunganBRIPasBuatmu #TabunganAnak #TabunganBRI #TabunganBRIJunio #BRImoMudahSerbaBisa

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau